Minum segelas bir sehari baik bagi jantung?

Kamis, 4 Juli 2013 18:04 Reporter : Rizqi Adnamazida
Minum segelas bir sehari baik bagi jantung? Ilustrasi bir. ©Shutterstock/JirkaBursik

Merdeka.com - Selama ini, ahli kesehatan selalu memperingatkan bahwa alkohol adalah minuman yang bisa menghancurkan tubuh. Namun penelitian terbaru justru mengungkap bahwa minum segelas alkohol sehari mampu menyehatkan jantung.

Peneliti dari Yunani tepatnya menemukan kalau aliran darah ke jantung meningkat setelah seseorang beberapa jam sebelumnya mengonsumsi bir beralkohol. Arteri juga menjadi lebih fleksibel. Sementara penikmat bir tanpa alkohol tidak memiliki keuntungan serupa.

Sebelumnya, beberapa bukti serupa pun menyebutkan kalau konsumsi segelas bir sehari mampu menurunkan risiko jantung dan stroke sampai dengan 30 persen. Akan tetapi ini adalah penelitian pertama yang menganalisis langsung mengenai efek bir setelah dikonsumsi pada pembuluh darah dan kesehatan kardiovaskular.

"Aliran darah menjadi lebih lancar setelah seseorang minum bir," tutur peneliti dari Harokopio University di Athena, seperti yang dikutip oleh Daily Mail.

Peneliti percaya bahwa kombinasi alkohol dan antioksidan dalam bir memberi dampak positif bagi kesehatan jantung. Namun peneliti menegaskan bahwa konsumsi bir berlebihan tetap buruk bagi kesehatan.

Hasil penelitian tersebut kemudian dilaporkan dalam jurnal Nutrition.

Baca juga:
8 Makanan peningkat gairah seks pria
Jambu air, obat mujarab untuk diabetes dan diare
Konsumsi gandum kaya serat turunkan risiko diabetes
5 Kelebihan orang yang suka makan buah-buahan
7 Makanan yang menormalkan detak jantung [riz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini