Miliki senyum menawan dengan mengonsumsi 8 makanan ini

Rabu, 13 Agustus 2014 14:13 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Miliki senyum menawan dengan mengonsumsi 8 makanan ini Ilustrasi makan stroberi. Shutterstock/KPG_Payless

Merdeka.com - Makanan yang Anda konsumsi bisa memberikan pengaruh positif dan negatif untuk kesehatan mulut dan gigi Anda. Ada makanan yang bisa membuat gigi Anda dipenuhi plak, berlubang, dan bau mulut. Namun ada pula makanan yang akan membuat senyum Anda menjadi menawan.

Dilansir dari foxnews.com, ternyata mengonsumsi makanan ini bisa bikin gigi lebih putih dan senyum lebih menawan.

Nanas
Nanas mengandung enzim alami yang disebut dengan bromelain. Enzim ini berfungsi untuk menghilangkan plak dan memecah bakteri yang lengket di gigi. Selain nanas, buah jeruk juga memiliki fungsi yang sama.

Bayam
Sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam, selada, dan kangkung mengandung sejumlah senyawa mineral termasuk magnesium yang membentuk suatu lapisan di gigi. Lapisan ini berfungsi untuk menjaga gigi agar tetap bersih.

Apel
Menggigit sepotong apel berfungsi untuk menggosok plak di gigi. Sebab apel melepaskan asam malay yang membantu melarutkan noda di gigi. Buah-buahan lainnya yang tinggi selosa seperti wortel dan seledri juga dapat menghilangkan noda dari permukaan enamel.

Salmon
Kandungan asam lemak omega 3 dan fosfor sangat baik untuk memperkuat enamel gigi. Salmon juga merupakan sumber vitamin D yang baik yang membantu penyerapan kalsium agar gigi lebih kuat.

Stroberi
Sama seperti apel, stroberi juga melepaskan asam malat ketika Anda mengunyahnya. Hasilnya, gigi akan tampak lebih putih ketika Anda selesai mengonsumsinya.

Wortel
Lupa untuk sikat gigi? Kunyahlah beberapa potong wortel mentah. Wortel mampu mengikis penumpukan plak dan merangsang produksi air liur yang berfungsi untuk membersihkan gigi secara alami.

Bawang
Dalam keadaan mentah, bawang mengandung dua senyawa sulfur alami yang disebut dengan thiosulfinates dan thiosulfonates. Keduanya berperan untuk mengurangi bakteri yang menumpuk di permukaan enamel gigi.

Produk susu
Susu dan produk olahan susu mengandung mineral yang disebut dengan kalsium dan fosfor. Senyawa ini mampu memperkuat enamel. Protein di dalam produk susu juga akan menguatkan gigi.

Senyum menawan dengan gigi yang bersih ternyata bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan di atas. Berani mencoba? [feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini