Migrain ternyata tidak mengganggu fungsi otak

Senin, 13 Agustus 2012 22:00 Reporter : Rizqi Adnamazida
Migrain ternyata tidak mengganggu fungsi otak Ilustrasi migrain. ©shutterstock.com/ck.

Merdeka.com - Mengalami migrain bisa sangat menyakitkan. Namun kabar baiknya, meskipun membuat kepala sakit, migrain ternyata tidak mengganggu fungsi otak. Demikian menurut studi terbaru para peneliti dari Boston's Brigham and Women's Hospital, Massachusetts.

Seperti yang dilansir dari Toronto Sun (13/08), para peneliti menganalisis data kesehatan 6.349 wanita berusia 45 tahu ke atas. Seluruh wanita tersebut sebelumnya sering menderita migrain atau sakit kepala sebelah. Melalui tes follow-up yang dilakukan, peneliti tidak menemukan perbedaan fungsi kognitif otak pada koresponden. Hal ini berarti migrain sebenarnya tidak mempengaruhi kesehatan otak bagi penderita migrain.

"Cakupan penelitian kami cukup luas untuk bisa menyimpulkan bahwa migrain, meskipun menyakitkan, tidak begitu berpengaruh terhadap fungsi kognitif," terang Pamela Rist, salah satu peneliti.

Meskipun demikian, studi yang dilaporkan dalam British Medical Journal ini menyebutkan migrain berhubungan dengan risiko stroke. Para peneliti pun menegaskan perlu ada studi lebih lanjut mengenai migrain dan penyakit tersebut. [riz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini