Meski lapar banget dan perut kosong, kamu tak boleh konsumsi 6 makanan ini

Selasa, 12 September 2017 14:09 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ilustrasi pisang dan yogurt. story of a kitchen

Merdeka.com - Saat seseorang merasa kelaparan yang amat sangat, maka dia cenderung untuk mengonsumsi makanan apapun yang terhidang di depannya. Padahal ada beberapa jenis makanan yang jika dikonsumsi saat perut benar-benar kosong bisa menimbulkan gangguan pencernaan seperti contoh makanan berikut ini.

Pisang
Pisang kaya akan magnesium. Jika kamu memakannya saat perut kosong, maka kadar magnesium akan meningkat dalam darah dan bisa membahayakan jantungmu.

Makanan manis
Kamu sebenarnya tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan manis terutama saat perut kosong. Sebab hal ini bisa membuat kadar insulin meningkat dan membebani kerja pankreas. Dalam jangka panjang, kebiasaan ini bahkan bisa meningkatkan risiko diabetes.

Tomat
Mengonsumsi tomat saat perut kosong sama sekali tidak dianjurkan sebab bisa menyebabkan penyakit tukak lambung. Hal ini terjadi karena tomat mengandung asam tannic.

Soda
Minum soda dalam keadaan perut kosong bisa mengganggu sirkulasi darah ke perut karena akan merusak selaput lendir. Kerja sistem pencernaan juga bisa terhambat.

Yogurt
Yogurt mengandung bakteri asam laktat yang bermanfaat bagi usus. Namun jika kamu mengonsumsinya saat perut kosong, asam klorida yang disekresi di perut bisa membahayakan pencernaan.

Makanan pedas
Mengonsumsi makanan pedas bisa berakibat buruk bagi sistem pencernaan. Sebab makanan ini bisa meningkatkan kadar keasaman dalam perut.

Itulah beberapa contoh makanan yang sebaiknya tidak kamu makan ketika perutmu sedang kosong. Untuk amannya, pilihlah untuk mengonsumsi buah saja. [feb]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.