Merawat lensa kontak sama dengan merawat mata

Sabtu, 28 September 2013 19:05 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Merawat lensa kontak sama dengan merawat mata Ilustrasi lensa kontak. ©Shutterstock/Valerie Potapova

Merdeka.com - Memakai kacamata bisa jadi merupakan hal yang merepotkan bagi sebagian orang yang memerlukannya. Oleh karena itu mereka pun menggantinya dengan lensa kontak termasuk Anda. Lensa kontak yang nyaman sering kali membuat pemakainya merasa seperti tidak memakai apa-apa di matanya.

Namun karena lensa kontak menempel secara langsung di mata maka sterilisasi atau kebersihan sangatlah penting. Pertama sebelum memakainya Anda harus mencuci tangan dengan sabun dan dikeringkan hingga benar-benar kering. Anda juga harus selalu memastikan kebersihan kotak lensa kontak.

Secara jujur, apakah Anda juga melakukan hal-hal di atas? Dan seberapa sering Anda pergi ke dokter mata untuk memeriksakan kesehatan mata Anda? Sebagian besar dari Anda mungkin tidak mengikuti hal-hal di atas. Dan mungkin secara tidak sengaja Anda melakukan hal-hal di bawah ini

Anda membersihkan lensa kontak dengan air biasa

Saat lensa kontak terasa kotor dan Anda tidak membawa cairan pembersih lensa dan kotaknya, maka Anda pun memilih untuk membersihkannya dengan air keran atau air biasa dalam keadaan darurat tersebut. Namun hal ini cukup berbahaya sebab air biasa tidak memiliki kandungan seperti cairan pembersih lensa kontak. Lensa kontak akan menyerap air dan membuatnya jadi mengembang. Selain itu air biasa mengandung mikroorganisme yang berpotensi menyebabkan infeksi. Itulah mengapa Anda tidak disarankan untuk membersihkan lensa kontak dengan air biasa dan Anda wajib untuk melepas lensa kontak saat akan mandi atau berenang.

Anda terlalu lama menggunakan lensa kontak

Waktu yang ideal untuk menggunakan lensa kontak maksimal adalah 8 jam. Setelah itu Anda harus melepasnya dan memberikan waktu istirahat bagi mata Anda sejenak.

Anda memakai lensa kontak yang sudah kadaluarsa

Lensa kontak memiliki masa kadaluarsa untuk menjamin kualitasnya. Ada lensa kontak yang memiliki masa kadaluarsa selama 1 bulan, 3 bulan, dan 1 tahun. Apabila lensa kontak Anda sudah melewati masa kadaluarsa, segera gantilah dengan yang baru untuk meminimalisir infeksi.

Anda memakai lensa kontak saat kondisi mata sedang tidak sehat

Apabila mata Anda terasa lelah atau sedang terkena gejala infeksi ringan, sebaiknya jangan memakai lensa kontak terlebih dahulu sebab mata yang sedang infeksi akan lebih sensitif terhadap hal asing yang masuk ke mata.

Anda memakai lensa kontak setelah memakai make up

Jangan memakai lensa kontak setelah memakai make up karena resiko make up mata masuk ke dalam mata akan lebih besar dan dapat mengakibatkan infeksi.

Anda memakai make up tahan air

Make up tahan air membutuhkan cairan pembersih khusus untuk membersihkannya. Selain itu Anda juga harus berusaha lebih keras untuk membersihkannya, akibatnya tindakan ini akan menggores mata dan lensa kontak Anda.

Anda tidur saat memakai lensa kontak

Saat Anda tidur dengan memakai lensa kontak maka hal itu ibarat Anda tidur dengan kantong plastik padahal saat tidur mata Anda juga membutuhkan oksigen dan lensa kontak yang terpakai saat tidur akan membatasi transmisi oksigen. Lensa mata yang kekurangan oksigen akan mudah kering dan terkena infeksi.

Nah bagi Anda yang memakai lensa kontak dalam keseharian Anda sebaiknya berhati-hatilah dalam pemakaian dan juga perawatannya. Jangan sampai mata Anda malah terkena infeksi akibatnya. [feb]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tips Sehat
  3. Kesehatan Mata
  4. Lensa Kontak
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini