Menopause bikin wanita tambah rakus

Selasa, 26 Agustus 2014 11:23 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Menopause bikin wanita tambah rakus Ilustrasi wanita makan. Shutterstock/szefei

Merdeka.com - Menopause merupakan siklus alami yang pasti akan dialami oleh setiap wanita dan tidak dapat ditolak. Meskipun begitu, banyak wanita yang merasa takut dengan datangnya menopause. Sebab dengan berbagai macam fluktuasi hormon yang terjadi saat menopause, wanita akan mengalami perubahan fisik dan hormon yang menurut mereka sangat menjengkelkan. Menopause bisa membuat mereka selalu merasa stres, metabolisme tubuh tidak lancar, sulit tidur, hingga kekeringan di vagina.

Tak hanya berhenti sampai di situ. Sebuah penelitian yang dilansir dari dailymail.co.uk menyebutkan bahwa menopause bisa membuat wanita menjadi lebih rakus. Penelitian yang dilakukan di inggris ini mengatakan bahwa fluktuasi kadar hormon progesteron saat menjelang dan menopause akan membuat wanita merasa lebih lapar.

"Perubahan hormon progesteron saat pra menopause serta menopause bisa mempengaruhi nafsu makan wanita. Progesteron akan melemahkan kerja otot di tubuh terutama kandung kemih dan saluran pencernaan. Namun karena kerja otot di bagian tubuh ini tinggi, maka Anda butuh energi yang cukup untuk membuatnya tetap bekerja dengan baik. Akibatnya, Anda pun akan selalu merasa lapar," kata Leila Hannah, seorang ginekolog dari Queen Mary's Hospital yang meneliti hal ini.

Walaupun menopause dan rasa lapar yang amat sangat adalah proses yang tidak bisa Anda hindari, namun Anda bisa menghindari kegemukan yang menjadi hasilnya. Oleh karena itu selalu terapkan pola makan sehat sejak dini sehingga Anda pun akan terhindar dari kegemukan saat menopause. [feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini