Mengonsumsi 10 makanan ini bisa menambah jumlah trombosit

Jumat, 19 September 2014 08:16 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Mengonsumsi 10 makanan ini bisa menambah jumlah trombosit Ilustrasi pepaya. Shutterstock/bennyartist

Merdeka.com - Keping darah atau yang dalam istilah medis disebut dengan trombosit berperan dalam membekukan darah sehingga tidak banyak darah yang akan terbuang ketika terjadi pendarahan. Selain itu, trombosit mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh Anda tidak mudah terkena infeksi atau gangguan penyakit berbahaya lainnya.

Namun sayangnya penyakit tertentu seperti demam berdarah sering menyebabkan jumlah trombosit Anda menurun. Jika jumlah trombosit menurun, sistem kekebalan tubuh pun ikut melemah. Akibatnya Anda semakin tidak berdaya dalam melawan penyakit Anda. Seperti dilansir dari boldsky.com, inilah jenis makanan yang bisa menambah jumlah trombosit dalam darah.

Pepaya

Pepaya adalah buah terbaik yang bisa meningkatkan jumlah keping darah Anda. Selain buahnya, mengonsumsi daun pepaya yang direbus juga dapat meningkatkan kadar trombosit Anda secara alami.

Delima

Buah berwarna merah ini kaya akan zat besi yang bisa membantu dalam meningkatkan jumlah trombosit. Selain itu delima yang tinggi akan vitamin dapat membantu Anda dalam melawan penyakit demam berdarah.

Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung vitamin K yang baik dikonsumsi ketika jumlah trombosit Anda menurun. Selain bayam, kangkung dan sayuran hijau lainnya bermanfaat untuk meningkatkan jumlah keping darah Anda.

bawang putih

Selain baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami, mengonsumsi bawang putih juga mampu menambah keping darah dalam tubuh. Oleh karena itu jangan buang bawang putih yang biasanya muncul di dalam masakan Anda.

Buah bit

Mereka yang mengalami anemia serta sedang lemas, konsumsi semangkuk buah bit setidaknya dua kali dalam seminggu. Buah ini mampu menjaga jumlah keping darah Anda agar tidak turun.

Hati

Baik hati ayam maupun hati sapi, keduanya bermanfaat untuk menambah jumlah trombosit atau keping darah Anda. Namun pastikan bahwa Anda telah memasaknya dengan benar sebab proses pemasakan yang salah bisa merusak kesehatan tubuh Anda.

Kismis

Buah-buahan kering seperti kismis mengandung 30% zat besi yang baik untuk meningkatkan kadar trombosit secara alami.

Aprikot

Aprikot adalah jenis buah yang tinggi akan zat besi di dalamnya. Mengonsumsi sebuah aprikot setiap hari dapat menambah jumlah keping darah Anda.

Kurma

Kurma tinggi akan zat besi serta nutrisi lainnya yang bermanfaat untuk menambah trombosit secara alami.

Gandum utuh

Daripada nasi, lebih baik konsumsi gandum utuh sebagai asupan karbohidrat Anda saat sakit. Sebab gandum kaya akan serat, nutrisi, mineral, vitamin yang baik untuk meningkatkan jumlah keping darah dalam tubuh.

Jika Anda sedang sakit dan jumlah trombosit menurun, sebaiknya konsumsi makanan di atas. Sebab cara tersebut merupakan cara sehat untuk menambah jumlah trombosit. [feb]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini