Menghadapi Masalah Bisa Dilakukan dengan Ubah Pikiran Irasional Jadi Rasional

Jumat, 11 Desember 2020 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Menghadapi Masalah Bisa Dilakukan dengan Ubah Pikiran Irasional Jadi Rasional Ilustrasi depresi. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/ollyy

Merdeka.com - Setiap individu memiliki masalah masing-masing yang dapat berdampak pada kesehatan mental. Ada yang mampu menghadapi masalah mentalnya dengan baik dan ada pula yang tidak. Terlebih di masa pandemi COVID-19.

Masalah masing-masing yang dimiliki oleh individu bisa berdampak pada kesehatan mental. Sayangnya, tak semua orang bisa menangani masalah ini dengan baik. Pada keadaan yang penuh tekanan seperti di era pandemi COVID-19 sekarang ini, kemampuan menghadapi masalah sangatlah dibutuhkan.

Menurut dokter dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI), Mahaputra, kemampuan menghadapi masalah adalah kemampuan dalam menjawab pikiran-pikiran irasional. Sehingga kesehatan mental lebih bisa terjaga.

Contoh pikiran irasional adalah menuntut diri untuk bisa melakukan hal-hal tertentu. Padahal, hal yang dihadapi memiliki dua kemungkinan yaitu bisa atau tidak.

“Misal, ‘saya harus lulus ujian’ itu sama dengan menekan diri sendiri padahal kemungkinannya bisa lulus bisa juga tidak,” ujar Mahaputra dalam webinar PDSKJI, beberapa waktu lalu.

Pikiran-pikiran seperti itu dapat membawa beban bagi diri sendiri dan jika tujuan yang diharuskan itu ternyata tidak tercapai maka kekecewaan yang ditimbulkan dapat mengganggu kesehatan mental.

Baca Selanjutnya: Cara Membentuk Pikiran Rasional...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kesehatan Mental
  3. Tips Sehat
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini