Mengenal Maskne Dan Cara Menghindarinya Meski Gunakan Masker Tiap Hari

Senin, 20 Desember 2021 13:35 Reporter : Dwi Zain Musofa
Mengenal Maskne Dan Cara Menghindarinya Meski Gunakan Masker Tiap Hari Ilustrasi jerawat di dekat bibir. ©Shutterstock

Merdeka.com - Disiplin protokol kesehatan harus tetap dilakukan terlebih saat ini terdapat varian baru Covid-19 yaitu omicron yang lebih mudah menyebar dibanding varian delta. Memakai masker menjadi kewajiban agar tak terpapar virus.

Di masa pandemi saat ini, memakai masker memiliki efek samping salah satunya munculnya jerawat akibat pemakaian masker dalam jangka waktu lama atau disebut dengan istilah maskne (mask acne).

Istilah maskne baru dikenal di masa pandemi Covid-19. Maskne merupakan jerawat yang terbentuk di area yang tertutup oleh masker, seperti dagu, hidung, atau pipi bagian bawah.

Dokter spesialis kulit dan kelamin dari Klinik Bamed Bintaro, dr. Mohammad Yoga Adi Waskito, SpDV mengatakan, penggunaan masker dalam waktu lama membuat kulit wajah terus bergesekan dengan masker, sehingga kulit wajah mudah berkeringat dan lembap yang menjadi sarana baik bagi kuman penyebab jerawat berkembang biak.

Untuk maskne tak muncul meski menggunakan masker seharian, Anda bisa menyimak beberapa tipsnya berikut ini.

2 dari 4 halaman
mengenal maskne dan cara menghindarinya meski gunakan masker tiap hari

1. Pilih Masker yang Tepat

Cara menghindari munculnya masken yang pertama adalah dengan selalu memilih masker yang tepat. Anda boleh saja menjadikan berbagai pilihan warna dan motif sebagai pertimbangan memilih masker. Tapi, jangan sampai lupakan faktor bahan kain yang digunakan masker. Gunakan kain yang tidak menimbulkan iritasi pada kulit.

Pastikan bahwa Anda selalu memakai masker yang cukup besar untuk menutupi hidung dan mulut, serta memilih bahan masker yang lembut dan tidak membuat iritasi.

Selain itu, ada baiknya Anda juga memiliki cukup masker cadangan sehingga saat satu masker kotor, ada masker lain yang bersih dan siap pakai.

3 dari 4 halaman

2. Jaga Masker Tetap Bersih

Cara menghindari munculnya maskne yang berikutnya adalah dengan menjaga kebersihan masker setiap saat. Cuci masker segera setelah dipakai. Gunakan sabun pencuci yang lembut tanpa kandungan-kandungan yang berbahaya.

3. Rajin Membersihkan Wajah

Cara terhindar dari maskne yang berikutnya adalah dengan rutin membersihkan muka. Pastikan Anda selalu membersihkan muka dua kali setiap sebelum tidur.

Pertama, bersihkan wajah dengan cleansing balm, cleansing oil, atau cleansing milk, sesuai dengan jenis kulit Anda. Produk seperti ini akan mengangkat kotoran, sisa riasan, dan keringat. Jangan lupa bersihkan area leher. Kedua, baru cuci wajah dengan sabun untuk membilas sisa kotoran.

4 dari 4 halaman

4. Kenakan Masker Saat Diperlukan

Cukup kenakan masker saat diperlukan. Mulai dari keluar rumah, berbelanja, naik transportasi umum, juga saat berada di area-area rawan. Selain itu, Anda bisa melepas masker untuk memastikan kulit bisa bernapas dan menghindari area tersebut tidak terlalu berkeringat.

5. Gunakan Skincare dengan Kandungan Antioksidan

Jika maskne sudah terlanjur muncul di wajah, maka Anda bisa mengatasi dengan menggunakan skincare yang memiliki kandungan antioksidan. Kandungan antioksidan dipercaya akan mampu membantu kulit tetap sehat dan melindunginya dari polutan berbahaya juga bakteri di balik masker.

Selain itu, selalu menggunakan pelembap untuk mengurangi gesekan kulit dengan masker, rutin mengoleskan tabir surya dan menghindari penggunaan makeup yang terlalu tebal.

[dzm]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini