Mengapa wanita selalu lapar saat haid?

Selasa, 24 Juli 2018 17:01 Reporter : Achmad Fajar Muzakki
Mengapa wanita selalu lapar saat haid? haid. ©2018 liputan6.com

Merdeka.com - Menstruasi atau haid adalah sebuah siklus yang terjadi pada sistem reproduksi wanita. Hal ini terjadi karena meluruhnya sel telur (ovum) yang tidak dibuahi oleh sel sperma. Ovum ini kemudian mati bersama-sama dengan selaput lendir dinding rahim yang merupakan lapisan yang kaya pembuluh darah.

haid ©2018 liputan6.com

Melansir dari laman Boldsky, Senin (23/7/2018), menstruasi wanita bisa menyebabkan rasa lapar dan hal itu memang wajar terjadi. Penyebabnya adalah karena fluktuasi hormon estrogen dan progesteron yang naik turun tepat sebelum masa haid.

Sebelum periode menstruasi datang, 15 persen tubuh akan membakar lebih banyak kalori dan menyebabkan tubuh akan merasa lebih lapar.

1. Bersikap baik pada diri sendiri

Saat Anda merasa lapar, murung, dan menginginkan makanan tertentu, turuti apa keinginan Anda. Itu akan membuat Anda merasa lebih baik dan bahagia saat haid.

2. Jangan bandingkan diri sendiri dengan orang lain

Ini adalah hal terburuk jika Anda melakukannya. Membandingkan berat badan, rasa sakit atau kram yang dialami saat haid, jadilah diri sendiri dalam kebiasaan makan-makanan yang sederhana karena gejala yang di alami wanita pasti berbeda-beda.


Lakukan Ini Saat Haid


haid ©2018 liputan6.com

3. Lakukan latihan lembut dan makan-makanan yang benar

Jika anda mengalami kelelahan dan kram saat haid coba lakukan latihan ringan seperti yoga atau berjalan. Makan-makanan sehat juga akan membantu Anda merasa lebih baik.

Pilih makanan berserat tinggi dari buah-buahan dan sayuran. Coklat juga akan membantu Anda merasa lebih tenang.

4. Pilih camilan yang baik

Jangan berlebih dalam mengonsumsi makanan yang asin karena ini akan membuat perut Anda kembung. Mengonsumsi kacang kering seperti almond atau mete dengan menaburkan sedikit garam dapat menjadi alternatif. Anda juga bisa mengunyah permen karet atau minum segelas air hangat.

Pada saat haid, seorang wanita akan cenderung lebih mudah lapar dan mudah marah karena perasaan mereka yang menjadi lebih sensitif. Oleh karena itu, anda harus pintar-pintar memperlakukan diri anda sendiri sebaik mungkin supaya anda tetap bahagia dan rasa sakit haid tidak lagi terasa.

Sumber: Liputan6.com [mg2]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini