Mengapa Terdapat Perbedaan Efek Vaksinasi yang Dialami oleh Setiap Orang?

Rabu, 2 Juni 2021 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Mengapa Terdapat Perbedaan Efek Vaksinasi yang Dialami oleh Setiap Orang? Ilustrasi Vaksin Covid-19. ©2020 REUTERS

Merdeka.com - Vaksinasi COVID-19 hingga saat ini masih terus berjalan di Indonesia dan seluruh dunia. Salah satu hal yang kerap disoroti dan menjadi pertanyaan dari banyak orang sebelum mendapat vaksinasi adalah terkait efek dari vaksinasi ini.

Terdapat sejumlah perbedaan yang mungkin muncul pada tiap-tiap orang terkait efek samping dari vaksinasi COVID-19 ini. Lalu mengapa hal ini bisa terjadi?

Dilansir dari Kementerian Kesehatan, secara umum efek samping dari vaksin yang muncul bisa beragam dan umumnya bersifat sementara dan ringan. Pada beberapa orang, efek samping ini bahkan tidak muncul.

Efek samping ringan yang sering muncul bisa berupa demam, nyeri otot, serta ruam pada bekas suntikan. Walau begitu, tidak menutup kemungkinan munculnya efek samping lain.

Efek samping lain yang mungkin muncul ini biasa disebut sebagai Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Kondisi ini digunakan untuk menyebut semua kejadian medik yang terjadi setelah imunisasi, menjadi perhatian dan diduga berhubungan dengan imunisasi berupa demam atau nyeri pada area suntikan.

Baca Selanjutnya: Mengapa Sejumlah Orang Mengalami Efek...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini