Mengapa stretching itu penting?

Selasa, 8 Mei 2012 17:30 Reporter : Rizqi Adnamazida
Mengapa stretching itu penting? Ilustrasi stretching. merdeka.com/healthmeup.com

Merdeka.com - Sebelum berolahraga, stretching atau peregangan tubuh perlu dilakukan untuk menghindari cedera dan kecelakaan lainnya. Namun bukan itu saja, ada banyak alasan mengapa stretching penting dilakukan sebelum Anda melakukan akitvitas fisik. Simak informasi selengkapnya seperti yang dilansir dari Health Me Up (08/05) berikut ini.

Berapa lama melakukan stretching?
Umumnya, orang-orang hanya melakukan stretching sebelum melakukan olahraga. Stretching bisa disebut juga dengan pemanasan. Akan tetapi sebenarnya stretching tetap bisa dilanjutkan di sela-sela olahraga inti, agar otot lebih fleksibel. Bagi mereka yang gemar meninggalkan stretching atau hanya melakukan stretching dalam waktu sebentar, maka ada risiko tinggi untuk mengalami cedera, melukai otot, dan menimbulkan kram.

Apa saja manfaat stretching?
Stretching membuat otot lebih kuat dan lentur, sehingga fleksibilitas tubuh akan maksimal saat olahraga. Otot juga tidak akan kelelahan dan kesakitan karena olahraga jika Anda rutin melakukan stretching. Selain itu, stretching meningkatkan sirkulasi keseimbangan tubuh, mengurangi stres dan ketegangan otot, mengurangi risiko cedera, dan tentu saja, rasanya menyenangkan.

Bagaimana jika olahraga sudah selesai?
Melakukan stretching setelah berolahraga juga perlu dilakukan, sebab otot paling baik diregangkan dalam keadaan masih panas. Sisihkan waktu 10 menit untuk melakukan stretching setelah olahraga agar otot semakin lemas dan menghindarkan Anda dari rasa kelelahan yang berlebihan.

Stretching susah dilakukan orang tua?
Sebelum usia Anda bertambah, sebaiknya Anda rajin melakukan stretching selagi masih muda ketika berolahraga. Sebab otot akan lebih lemas dan memudahkan Anda untuk tetap melakukan stretching di masa tua. Namun apabila orang tua susah melakukan stretching, tetap lakukan sesuai kemampuan dan jangan terlalu memaksakan diri agar tidak terjadi cedera yang berbahaya.

Stretching sebenarnya tidak harus dilakukan saat olahraga saja. Misalnya ketika Anda sudah duduk atau berdiri terlalu lama, makan sebaiknya Anda melakukan stretching atau peregangan otot. Satu jam dalam seminggu melakukan stretching akan membuat tubuh Anda lebih bugar. So, let's get stretch, folks! [riz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini