Mengapa Perjalanan di Mobil Bisa Membuat Kita Merasa Lelah?

Kamis, 19 Mei 2022 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Mengapa Perjalanan di Mobil Bisa Membuat Kita Merasa Lelah? Menggunakan Masker saat Menyetir Mobil. ©Pexels

Merdeka.com - Pada waktu mudik Lebaran lalu, banyak keluarga yang pulang ke kampung halaman dengan bersama-sama mengendarai mobil. Rasa lelah mungkin dialami pada saat mengendarai mobil walau hanya duduk sebagai penumpang saja.

Sebagai penumpang, kerap kali kita akan merasa lelah dan mengantuk saat di perjalanan. Rasa lelah dan ngantuk ini juga mungkin dialami oleh pengemudi yang menyetir.

Rasa ngantuk ini bisa semakin muncul ketika berkendara di jalan tol yang panjang dan sepi. Mengapa?

Dilansir dari Sleep.org, rasa ngantuk saat berkendara ini bisa muncul akibat rutinitas perjalanan yang monoton dan membosankan. Hal ini terutama terjadi ketika terlalu lama di jalan tol yang cenderung sepi dan memiliki pemandangan sama.

Kondisi jalan tol yang sama dan tertebak ini bisa menyebabkan kita melamun bahkan jadi mengantuk dan lelah. Rasa tak nyaman ini bisa menjadi semakin besar mempengaruhi fokus pengemudi ketika perjalanan semakin panjang.

2 dari 2 halaman

Dampak Perjalanan Darat di Mobil

Perjalanan darat juga bisa memengaruhi ritme sirkadia alami tubuh sehingga menyebabkan rasa lelah dan ngantuk terutama di pagi dan siang hari. Hal ini terutama terjadi beberapa jam setelah seseorang mulai berkendara.

Sejumlah penelitian terdahulu juga membahas mengenai bagaimana mekanisme kerja mobil memengaruhi tingkat kewaspadaan seseorang. Guncangan halus yang terjadi saat mobil bergerak bisa membuat otak dan tubuh menjadi santai.

Rasa lelah dan ngantuk yang terjadi pada saat perjalanan jauh ini sebisa mungkin janganlah dilawan. Pasalnya, hanya ada satu obat untuk mengatasi rasa lelah dan ngantuk ini yaitu menepikan kendaraan dan tidur sejenak hingga rasa itu menghilang.

Sementara itu, bagi penumpang kendaraan, jika situasi memang memungkinkan, tidak apa-apa bagimu tertidur. Hanya saja perhatikan posisi tidur karena posisi yang tak tepat bisa menyebabkan rasa sakit. [RWP]

Baca juga:
Pastikan Kebutuhan Kalsium Tubuh Terpenuhi Sebelum Minum Kopi
Mengapa Hepatitis Akut yang Kini Menyerang Masih Disebut Misterius?
Efek Menyalakan Lampu Saat Tidur Bagi Kesehatan Tubuh
Perlu Diwaspadai, Makanan-Makanan Ini Dapat Memicu Alergi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini