Mengapa Napas yang Kita Miliki Terdengar Keras pada Saat Tidur?

Senin, 22 Februari 2021 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Mengapa Napas yang Kita Miliki Terdengar Keras pada Saat Tidur? Ilustrasi tidur. pixabay

Merdeka.com - Semua orang memiliki kebiasaan yang berbeda-beda pada saat tidur. Ada orang yang tidur dengan mendengkur sangat keras, namun ada juga yang tidur dengan senyap.

Walau begitu, pada setiap orang yang tengah tertidur ternyata terdapat satu kesamaan. Hal ini adalah berupa suara napas yang lebih berat dan keras terdengar ketika tidur. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Dilansir dari Live Science, dr. Timothy Morgenthaler, pulmonologis dan spesialis pengobatan tidur dari Mayo Clinic menyebuthkan bahwa hal ini dissebabkan getaran dari gerakan udara di saluran pernapasan. Dia mengatakan bahwa seberapa lantang suara napas ini tergantung dari seerapa sempit sakuran pernapasan dan seberapa cepat udara melewatinya.

Ketika kita bernapas, terdapat mekanisme dalam tubuh yang menyebabkan tubuh melakukan refleks untuk mencegah menyempitnya saluran udara. Hal ini terutama bisa terjadi lebih efektif ketika kamu tengah terbangun.

Pada saat bangun, pergerakan udara ini bisa terjadi lebih terbuka sehingga tidak banyak suara yang muncul. Namun, pada saat tidur, refleks yang terjadi tidak begitu tangkas sehingga suara napas bisa terdengar lebih keras.

Baca Selanjutnya: Mengapa Hanya Muncul pada saat...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini