Mengapa kotoran ada yang timbul tenggelam? Ini jawabannya

Selasa, 9 Januari 2018 15:13 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ilustrasi buang air. boldsky.com

Merdeka.com - Faktanya, kotoran yang kamu keluarkan saat buang air besar bisa berbicara banyak tentang kondisi kesehatan. Entah itu pertanda wasir hingga kanker usus besar.

Selain tekstur dan warna, kondisi kotoran juga dapat mengungkap kondisi kesehatan. Salah satunya yang unik adalah saat kotoran tak langsung tenggelam ketika dikeluarkan atau bisa dibilang mengapung.

Kira-kira apa yang jadi penyebabnya?

Menurut pendapat beberapa dokter seperti lansiran dari thehealthsite.com.com, kotoran yang mengapung ini terjadi karena adanya udara di dalam kotoran. Udara ini berasal dari adanya karbohidrat seperti laktosa yang tidak tercerna dengan baik. Bisa jadi sebelumnya karena kamu mengonsumsi terlalu banyak susu, makanan dengan pemanis buatan, atau minuman beralkohol sehingga menjadi kotoran lebih bergas.

Selain karena karbohidrat, konsumsi makanan tinggi lemak juga bisa membuat kotoranmu mengapung.

"Bila usus tidak bisa menyerap semua lemak dengan baik, maka kotoran yang dikeluarkan akan lebih bergas," ungkap penelitian yang dipublikasikan dalam New England Journal of Medicine ini.

Agar kejadian ini tak menimpamu kembali, maka konsumsi makanan tinggi serat seperti biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan yang bisa memperbaiki kesehatan pencernaan. Hindari pula konsumsi minuman beralkohol, terlalu banyak kafein, dan kebiasaan buruk seperti merokok. [feb]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.