Memberi Makan Anak Sejak Kecil dengan Berbagai Makanan Bisa Tekan Potensi Alergi

Selasa, 26 Maret 2019 16:11 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Memberi Makan Anak Sejak Kecil dengan Berbagai Makanan Bisa Tekan Potensi Alergi ilustrasi bayi makan. ©www.dailymail.co.uk

Merdeka.com - Banyak orang tua yang takut memberi makan sejumlah jenis makan terhadap buah hati mereka. Ketakutan terhadap makanan-makanan tertentu terutama yang bisa menyebabkan alergi ini semakin tinggi terutama ketika orang tua juga memiliki alergi terhadap makanan tertentu misal ikan, kacang, dan lain sebagainya.

Dilansir dari Health24, ternyata pada kenyataan, sebaiknya orang tua mengenalkan anak pada sejumlah bahan makanan saat usia masih sangat dini. Ini termasuk pada sejumlah bahan makanan yang bisa menyebabkan alergi dan dimulai pada usia enam bulan ketika anak mulai makan.

"Tidak ada alasan untuk membatasi anak terhadap bahan makanan alergenik di usia dini," jelas Dr. Frank Greer dari American Academy of Pediatrics (AAP).

Walau pada masa lalu para ahli mengimbau orang tua untuk menghindari bahan makanan alergenik, namun saat ini telah berbeda. Bahkan disarankan untuk mengenalkan sejumlah bahan makanan tersebut sejak awal.

Selain tidak membatasi jenis makanan anak, penelitian juga mengungkap bahwa ibu hamil dan menyusui tak perlu menghindari jenis makanan tertentu untuk mencegah alergi. Disarankan untuk memberi ASI eksklusif selama tiga hingga empat bulan awal untuk membantu melindungi alergi kulit.

Penelitian terbaru ini menjelaskan bahwa mengonsumsi berbagai jenis makanan ini pada usia lebih awal justru dapat mencegah munculnya alergi. Penelitian menyarankan untuk mulai mengonsumsi protein kacang mulai usia 4 hingga 6 bulan.

"Anggapan lama melihat bahwa sistem imun belum terbentuk pada tiga tahun awal sehingga tak dapat mengatasi makanan yang dapat menyebabkan alergi. Saat ini, pandangan yang muncul adalah sistem imun perlu ditekan sehingga anak diperbolehkan untuk kotor-kotoran, mereka diperbolehkan memelihara binatang, mereka diperbolehkan makan berbagai macam. Karena mungkin melindungi mereka dari berbagai hal bukanlah hal yang baik," ungkap Dr. jennifer Appleyard, kepala bidang alergi dan imunologi di Ascension St. John Hospital, Detroit.

Pada sisi lain, Greer mengungkap bahwa alergi bakal meningkat ketika kita semakin bersih. Pasalnya, kondisi ini membuat sistem imun tubuh tidak memiliki peluang untuk bertindak secara normal pada berbagai hal yang tak berbahaya seperti kacang atau bulu binatang.

Walau begitu, saat ini karena data yang masih terbatas dari temuan tersebut, masih perlu tambahan untuk menarik kesimpulan. Masih belum ada kepastian mengenai hal ini namun tetap disarankan bagi orang tua untuk mengenalkan mereka dengan lebih banyak bahan makanan. [RWP]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini