Membaca dengan lampu redup akan merusak mata, benarkah?

Rabu, 23 November 2016 16:40 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ilustrasi membaca. ©Shutterstock/wavebreakmedia

Merdeka.com - Ada begitu banyak mitos kesehatan yang beredar di sekitar Anda. Mitos ini lama-kelamaan dipercaya padahal kebenarannya belum dapat dibuktikan.

Berikut adalah 8 mitos tentang kesehatan yang berhasil dipatahkan seperti dilansir dari idiva.com

Minyak ikan dan persendian
Minyak ikan dianggap dapat membantu mengurangi rasa sakit pada persendian. Hal ini benar karena mereka yang mengonsumsi 2.000 mg minyak ikan setiap hari dapat mengurangi resiko kerusakan sendi dan tulang rawan.

Wortel dapat membantu Anda melihat dalam gelap
Sayuran yang mengandung vitamin A dan antioksidan baik untuk kesehatan mata. Salah satunya adalah wortel. Wortel memang dapat mempertajam penglihatan Anda namun bukan berarti mampu membantu Anda melihat dalam gelap.

Sebutir apel dapat mengurangi resiko berbagai penyakit
Apel adalah salah satu sumber makanan yang kaya akan antioksidan dan juga vitamin C. Apel juga mampu merangsang produksi kolagen pada tulang, otot, tulang rawan, dan pembuluh darah. Kandungan pektin di kulit apel juga mampu menurunkan kolesterol.

Sup ayam mampu untuk mengobati pilek
Beberapa penelitian menemukan bahwa di dalam semangkuk sup ayam mengandung berbagai macam nutrisi yang mampu meningkatkan kemampuan sel darah putih dalam menghalau penyakit di dalam tubuh.

Jangan berenang setelah makan
Sebuah penelitian di Jepang mengatakan bahwa ditemukan hampir 80% perenang meninggal karena tenggelam akibat makanan yang ada di dalam perut mereka. Penelitian ini mengungkapkan bahwa proses pencernaan makanan di dalam perut akan menyebabkan mereka kram. Sehingga ada baiknya Anda hanya mengonsumsi makanan ringan sebelum berenang.

Membaca dengan lampu redup dapat merusak mata
Membaca dengan lampu redup dapat membuat Anda sakit kepala namun tidak dapat menyebabkan kerusakan permanen pada mata.

Makanan beku tidak sebaik makanan segar
Buah dan sayuran segar akan mulai kehilangan nutrisinya begitu disimpan di dalam. Namun apabila masih dalam keadaan segar kemudian dibekukan, maka buah dan sayuran ini tidak akan kehilangan nutrisinya.

Memakai kacamata terlalu lama akan memperbesar kerusakan pada mata
Penglihatan Anda tidak akan bertambah lemah hanya karena Anda memakai kacamata atau lensa kontak sepanjang waktu. Penglihatan mata dapat melemah akibat penuaan atau gangguan lain.

Banyaknya mitos tentang kesehatan yang beredar di masyarakat belum tentu benar. Oleh karena itu Anda jangan mudah mempercayainya. Sebaiknya sebelum mempercayainya, pelajari dahulu dengan benar. [feb]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.