Memakai sedotan saat minum soda bisa cegah gigi berlubang?

Jumat, 29 November 2013 17:16 Reporter : Kun Sila Ananda
Memakai sedotan saat minum soda bisa cegah gigi berlubang? Ilustrasi minum pakai sedotan. ©Shutterstock.com/Kzenon

Merdeka.com - Salah satu hal yang menyebabkan gigi berlubang adalah mengonsumsi makanan atau minuman. Zat kimia yang menempel pada gigi ketika makan atau minum ditengarai menjadi penyebabnya. Sebuah tren kecil pun muncul di Eropa, yaitu minum red wine dengan menggunakan sedotan. Hal ini dilakukan untuk menjaga warna gigi agar tetap putih dan tidak terpengaruh oleh warna wine yang merah.

Banyak orang yang berpikir bahwa minum minuman berpemanis atau bersoda melalui sedotan bisa mencegah gigi berubah warna atau berlubang. Namun apakah hal ini benar?

Dr Euan Swan dari Canadian Dental Association mengungkap bahwa mengonsumsi minuman bersoda melalui sedotan memang akan meminimalisir paparan minuman bersoda dan berpemanis pada gigi. Hasilnya, gigi akan terhindar dari zat-zat yang bisa membuatnya berlubang atau berubah warna.

Meski begitu, mengonsumsi minuman melalui sedotan tak bisa mencegah minuman untuk menyentuh gigi bagian belakang. Gigi bagian belakang yang dekat dengan tenggorokan akan tetap terkena minuman bersoda, seperti dilansir oleh Best Health Mag.

Swan menjelaskan bahwa minum minuman bersoda atau berpemanis bisa dilakukan untuk menghindari gigi terkena zat kimia dalam soda. Namun minuman bersoda dan berpemanis akan tetap membuat pH mulut menjadi asam dan bisa mengenai gigi bagian belakang. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan berkumur menggunakan air putih untuk meningkatkan pH dalam mulut.

Jangan langsung menyikat gigi setelah minum minuman bersoda karena mulut masih dalam keadaan asam dan permukaan gigi akan lebih rentan berlubang. Setidaknya tunggu hingga 30 menit sebelum menyikat gigi. [kun]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini