Meletakkan Jarum Pentul di Bibir Jadi Penyebab Banyaknya Kasus Tersedak

Selasa, 3 September 2019 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Meletakkan Jarum Pentul di Bibir Jadi Penyebab Banyaknya Kasus Tersedak Ilustrasi hijab untuk kulit gelap. © Turbanista.com

Merdeka.com - Meletakkan jarum di bibir ketika memakai hijab merupakan hal yang perlu untuk diperhatikan. Pasalnya, sering terjadi kasus tersedak jarum pentul yang dialami.

"Di RS Persahabatan, kami sering menangani pasien perempuan dewasa yang tersedak akibat jarum pentul. Mereka meletakkan jarum pentul di bibir sambil kedua tangan merapikan jilbab. Lantas mendadak tersedak," ujar dokter spesialis paru konsultan Dicky Soehardiman dalam siaran Live Streaming Radio Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

Tersedak jarum pentul yang diletakkan di bibir bisa terjadi saat pasien batuk, bersin, ditepuk teman, dan terburu-buru memasang jilbab.

"Kita terkadang melihat juga kan perempuan merapikan jilbab di motor. Lalu jarum pentulnya diletakkan di bibirnya," kata Dicky.

Kejadian tersedak jarum pentul ini membuat perempuan langsung pergi ke rumah sakit. Pengambilan jarum pentul akan dilakukan dokter. Benda asing itu pun harus segera dikeluarkan dari saluran pernapasan agar pasien bisa terselamatkan.

Agar kejadian jarum pentul tidak tersedak, Dicky menyarankan, perlu ada sosialisasi khususnya kepada perempuan berhijab. Bahwa hindari meletakkan jarum pentul di bibir saat merapikan jilbab.

"Kita di Indonesia ini sebagai negara yang mayoritas Islam dan banyak perempuan berhijab. Sebaiknya ada edukasi menghindari meletakkan jarum pentul di bibir. Tersedak benda asing itu sangat berbahaya karena bisa menyumbat saluran pernapasan. Korban bisa meninggal," terang dokter yang sehari-hari berpraktik di RS Persahabatan Jakarta.

Pengambilan benda asing padat, seperti jarum pentul yang membuat tersedak dengan alat yang dimasukkan ke mulut. Alat berukuran 5,8 mm masuk ke dalam mulut, kemudian melewati pita suara dan trakea.

"Lalu kita melihat dan mencoba mengambil benda asing itu dengan dijepit dan ditarik keluar," tambah Dicky.

Reporter: Fitri Haryanti Harsono
Sumber: Liputan6.com [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini