Pria Tidak Ereksi di Pagi Hari Bisa Disebabkan oleh Disfungsi Organ Vital

Kamis, 3 Oktober 2019 14:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Pria Tidak Ereksi di Pagi Hari Bisa Disebabkan oleh Disfungsi Organ Vital ilustrasi disfungsi ereksi. ©www.netdoctor.co.uk

Merdeka.com - Kondisi seorang pria yang tidak mengalami ereksi di siang hari bisa jadi tanda adanya sejumlah masalah kesehatan. Salah satu masalah yang bisa menyebabkannya dan membuat takut banyak pria adalah disfungsi ereksi.

Dikatakan oleh dr. Bobtriyan Tanamas dari KlikDokter, disfungsi ereksi pada pria usia lebih muda sering diakibatkan oleh gangguan psikologis maupun didasari penyakit tertentu.

“Kecemasan berlebih hingga depresi mampu meningkatkan risiko disfungsi ereksi. Biasanya ini meliputi kekhawatiran akan performa seks terhadap pasangan, menganggap pakai kondom bisa membuat penis jadi turun, dan sebagainya. Tekanan di tempat kerja dan lingkungan sekitar juga bisa membuat penis susah ereksi, dan pada akhirnya mengalami disfungsi ereksi,” kata Bobtriyan.

Faktor kesehatan fisik seperti penyempitan pembuluh darah juga bisa memunculkan disfungsi ereksi. Penyebabnya adalah sulitnya aliran darah untuk masuk ke penis melalui pembuluh darah yang mengalami penyempitan.

“Penyakit-penyakit yang berhubungan dengan penyempitan pembuluh darah adalah diabetes, kolesterol tinggi, hipertensi, dan penyakit jantung. Jika pria punya penyakit tersebut, risiko terjadinya disfungsi ereksi otomatis lebih tinggi,” ujar dr. Bobtriyan.

Gaya hidup yang tidak sehat seperti jarang olahraga, merokok, minum alkohol secara berlebihan, serta kurang tidur juga dikaitkan dengan disfungsi ereksi.

Kata dr. Bobtriyan, merokok lebih dari 20 batang per hari bisa meningkatkan risiko disfungsi ereksi sebesar 60 persen. Minum alkohol juga tidak disarankan karena bisa menurunkan hormon testosteron dan rendahnya sirkulasi darah pada penis.

Reporter : Tamara Anastasia
Sumber: Klikdokter [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini