KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Jangan kaget, 7 perubahan ini normal terjadi pada payudara

Selasa, 12 Januari 2016 08:17 Reporter : Siti Rutmawati
ilustrasi kesehatan payudara. ©www.dailyrecord.co.uk

Merdeka.com - Kamu setuju kan, jika ada pendapat yang mengatakan bahwa payudara adalah salah satu bagian penting dari tubuh wanita? Meskipun begitu, masih banyak wanita yang jarang memperhatikan payudaranya, terutama dalam hal kesehatan. Dalam beberapa hal, payudara kamu akan mengalami perubahan dan itu normal terjadi. Melansir dari idiva.com, berikut ini merupakan tujuh perubahan normal yang terjadi pada payudara kamu.

1. Sakit setelah olahraga

Pernah merasa payudara kamu sakit setelah olahraga. Jangan khawatir, karena olahraga yang kamu lakukan rutin setiap hari secara normal memang memberikan rasa sakit. Ini karena jaringan payudara terbuat dari jaringan yang sensitif. Hal inilah yang membuat sang buah dada sakit setelah kamu melakukan olahraga berat.

2. Ukuran payudara

Ukuran payudara seseorang tergantung pada faktor genetika dan juga berat badan. Jika kamu mengalami peningkatan berat badan, jangan terkejut jika ukuran payudara kamu juga meningkat. Jika kamu melihat ada perubahan pada ukuran payudara, kamu bisa mencoba untuk memeriksa berat badan kamu.

3. Puting mengeluarkan air susu

Puting kamu juga bisa mengeluarkan sedikit air susu meskipun kamu tidak sedang menyusui. Ketika kamu menekan payudara kamu dengan keras(biasanya dilakukan ketika seseorang melakukan tes gejala kanker payudara), ada kemungkinan air susu kamu akan keluar. tetapi, jika air susu keluar terus (ketika tidak sedang menyusui) atau bahkan payudara mengeluarkan darah, kamu harus segera mengunjungi dokter. Hal yang sama berlaku ketika air susu hanya keluar hanya dari satu payudara.

4. Ukuran payudara tidak sama

Pernah merasa jika payudara kamu memiliki ukuran yang tidak sama atau tidak? Ini adalah hal yang normal jika payudara kiri akan sedikit berukuran lebih besar dibandingkan dengan payudara sebelah kanan.

5. Payudara saat haid

Saat hari haid pertama, jangan terkejut jika payudara kamu terlihat sedikit lebih melorot jika dibandingkan dengan kondisi saat tidak haid. Ini adalah kondisi yang normal.

6. Tumbuh beberapa helai rambut

Jika kamu menemukan beberapa helai rambut yang tumbuh di bagian payudara, maka ini adalah hal yang normal. Kamu dapat mencabut atau mengguntingnya, jika kamu merasa itu tak nyaman.

7. Payudara membengkak saat berhubungan intim

Saat sedang berhubungan intim, jangan terkejut jika payudara kamu membengkak. Penyebabnya adalah tekanan darah yang meningkat dan pembuluh darah menjadi lebih menonjol sehingga payudara kamu membengkak. Selain itu, puting juga akan menjadi kaku dan areola (area gelap di sekitar puting) akan meluas.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan, perubahan normal yang terjadi pada payudara kamu. Meskipun terlihat sepele, ini cukup penting bagi kamu agar dapat segera menyadari ketika ada sesuatu yang salah dari payudara kamu. Semoga bermanfaat! [SRA]

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.