Ini Alasan Ilmiah Kejantanan Pria Mengecil ketika Terkena Hawa Dingin

Kamis, 6 Desember 2018 15:34 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ini Alasan Ilmiah Kejantanan Pria Mengecil ketika Terkena Hawa Dingin Kepala kura-kura. ©reddit.org

Merdeka.com - Udara dingin yang dirasakan pada beberapa hari terakhir telah membuat Budi merasakan ada sedikit perubahan di tubuhnya ketika kedinginan. Setiap kali kedinginan, Budi merasa ada salah satu bagian tubuh terdalamnya yang menyusut.

Proses penyusutan yang dialami oleh Budi ketika hawa dingin ini adalah hal yang sepenuhnya normal. Proses penis yang mengecil dan membesar ini adalah hal yang terjadi ke bagian tersebut pada waktu atau kondisi tertentu.

Dilansir dari Medical Daily, suhu dingin yang terjadi baik dari udara atau air dapat berpengaruh terhadap sirkulasi darah di dalam penis. Kondisi ini menyebabkan pembuluh darah menyempit atau diketahui sebagai vasoconstriction.

Vasoconstriction ini menyebabkan bagian dalam penis menjadi kekurangan suplai darah dan mengecil. Darah dari bagian tersebut tersebar di seluruh tubuh yang lebih membutuhkan suplai darah karena kondisi tubuh yang tidak prima.

Dr. Aaron Spitz, seorang urologis menambahkan bahwa penyusutan penis merupakan mekanisme perlindungan tubuh ketika menghadapi tekanan.

"Pada tubuh terdapat syaraf symphatetic yang merespons ketika mengalami tekanan dan mencoba untuk melindungi diri. Dingin merupakan sebuah tekanan yang dialami tubuh, dan pada saat itulah syaraf symphatetic ini bekerja melindungi tubuh dengan mengambil darah dari ujung-ujung jari dan penis," jelasnya.

Terkait ukuran membesar dan mengecil ini, dilansir dari Men's Health, penis dapat mengecil hingga 50 persen pada panjangnya serta 20-30 persen pada lebarnya jika terpapar udara di bawah 15 derajat celcius.

"Ketika kamu kedinginan, pembuluh darah mengerut yang kemudian membatasi aliran darah ke daerah penis," jelas Darius Paduch, direktir pengobatan dan kesehatan seksual di Weill Cornell Medicine.

"Hal ini menyebabkan terjadinya penurunan ukuran," sambungnya.

Tubuh manusia sesungguhnya diprogram untuk menyimpan panas dan energi. Ketika kedinginan, maka tubuh akan berupaya untuk mempertahankan asupan darah ke tubuh, tempat sejumlah organ vital.

Akibatnya, tubuh menurunkan aliran darah pada berbagai bagian tubuh seperti jari dan penis. Selanjutnya, bagian vital itu memosisikan diri lebih dekat dengan organ lain agar tetap hangat,

Walaupun tampak aneh, sesungguhnya mengecilnya penis seorang pria karena udara dingin ini merupakan mekanisme untuk melindungi diri. Jika tidak ingin hal ini sering-sering terjadi, jangan lupa untuk terus membuat dirimu hangat. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini