Ini 5 cara menjaga kebersihan penis bagi pria

Selasa, 13 Mei 2014 05:07 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ini 5 cara menjaga kebersihan penis bagi pria Ilustrasi pria telanjang dada. Shutterstock/Yuriy Rudyy

Merdeka.com - Kebersihan organ intim merupakan hal yang harus dijaga entah itu untuk pria maupun wanita. Terutama karena menjaga kebersihan ini terkait dengan kesehatan serta kehidupan seksual Anda.

Berikut ini adalah cara untuk menjaga kebersihan penis untuk pria seperti dilansir dari healthmeup.com.

Minum banyak air
Air memegang banyak peranan penting untuk kesehatan tubuh, termasuk kesehatan organ vital Anda. Hal ini disebabkan karena air mampu membuang banyak racun dari tubuh serta mempertahankan jumlah darah dan oksigen di dalam penis.

Mengurangi keringat
Keringat yang berlebih pada penis dan skrotum dapat berkembang menjadi infeksi dan bau. Jadi, sangat penting bagi Anda untuk selalu menjaga agar daerah alat vital tetap kering dan tidak lembap.

Menjaga suhu skrotum
Suhu yang ideal untuk skrotum Anda adalah 37 derajat celsius. Ketika suhu normal, maka skrotum akan tetap sehat. Namun apabila terlalu panas mampu membahayakan kesehatan skrotum serta mempengaruhi kualitas sperma Anda.

Mencukur rambut kemaluan
Mencukur rambut kemaluan juga merupakan kunci untuk menjaga kebersihan dan kesehatan penis. Sebab rambut kemaluan mampu menjadi sarang bakteri yang dapat mengganggu kesehatan penis. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk selalu mencukur rambut kemaluan agar tetap bersih.

Membersihkan kulit penis
Jika Anda sedang mandi, jangan lupa untuk selalu membersihkan penis Anda. Bersihkan dengan sabun serta air dengan cara yang lembut. Sebab jika Anda jarang membersihkannya maka dapat menyebabkan infeksi, radang, phimosis, dan bahkan tumor.

Sama seperti wanita, pria pun harus mempunyai kesadaran untuk selalu membersihkan alat kelamin mereka. Jangan sampai Anda lalai dan membuat kesehatan penis Anda terganggu. [feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini