Deretan aktivitas ini bisa menurunkan kualitas sperma

Jumat, 13 Juli 2018 09:01 Reporter : Achmad Fajar Muzakki
Deretan aktivitas ini bisa menurunkan kualitas sperma Sperma. © Salon.com

Merdeka.com - Sperma adalah salah satu hal yang penting dalam kehidupan seorang pria. Sperma itu sendiri adalah sel yang akan membuahi sel ovum milik wanita. Kualitas sperma yang pria miliki sangat menentukan terjadinya pembuahan. Oleh karena itu memelihara kesehatan dan kualitas sperma memang sudah menjadi sebuah kewajiban bagi para laki-laki.

Kualitas sperma 2018 liputan6.com

Mengutip laman Health mengenai tips seks, ketidaksuburan pada pria sering terjadi karena kualitas sperma yang buruk. Hal tersebut terjadi karena banyak hal. Bisa dari makanan yang mereka konsumsi, pola hidup yang tidak baik, dan bisa juga karena aktivitas yang mereka lakukan setiap hari yang secara tidak sadar bisa menurunkan kualitas sperma mereka. Aktivitas tersebut antara lain adalah:

1. Sering Mandi Air Panas

Bagi pria yang suka mandi air panas, cobalah untuk mengurangi aktivitas ini. Karena apa? Studi mengungkapkan mandi air panas bisa menyebabkan buruknya kualitas sperma. Seorang urolog bernama Paul Shin dari Washington, AS, mengungkapkan jika, paparan suhu panas pada testis atau organ intim bisa berdampak pada kualitas sperma.

Penelitian yang dilakukan di 2007 bahkan menyebutkan jika pria berendam air panas sedikitnya selama 30 menit bisa menurunkan kualitas sperma lebih cepat.

2. Memangku laptop

Di zaman modern seperti saat ini, laptop dan segala gadget lainnya menjadi kebutuhan utama dari sebagian besar orang. Penggunaan laptop yang terlalu sering apalagi memangku laptop terlalu sering dikatakan bisa menurunkan kualitas sperma pada pria.

Menurut penelitian yang dilakukan di State University of New York, memangku laptop bisa meningkatkan suhu skrotum hingga mencapai 35 derajat Celcius.

Peningkatan suhu inilah diyakini memengaruhi kualitas sperma. Tak hanya buruk bagi kualitas sperma pria, penggunaan laptop juga akan berpengaruh pada kesuburan wanita. Jadi, usahakan memangku laptop seperlunya saja ya.

Saksikan juga video menarik berikut:

3. Celana dalam terlalu ketat


Kualitas sperma 2018 liputan6.com

Dr Danzer mengatakan jika penggunaan celana yang salah juga akan berpengaruh pada kualitas sperma. Celana dalam yang terlalu ketat memiliki dampak buruk bagi kualitas dan jumlah sperma.

Sangat disarankan agar para pria memilih celana dalam yang tepat dan tidak terlalu ketat agar kesuburan yang ia miliki maksimal. Bukan hanya pria, wanita juga sangat disarankan untuk tidak mengenakan celana dalam yang terlalu ketat.

4. Konsumsi Alkohol, rokok dan Obat Terlarang

Aktivitas selanjutnya yang sangat berpengaruh pada kualitas sperma adalah kebiasaan buruk konsumsi minuman beralkohol, rokok dan obat terlarang. Tak hanya buruk untuk kesehatan tubuh secara umum, alkohol, rokok dan obat terlarang juga berdampak negatif terhadap kualitas sperma.

Rokok, minuman beralkohol maupun obat terlarang juga sangat berpengaruh terhadap kesuburan wanita. Jadi, usahakan untuk menghindari hal ini jika kamu ingin tetap subur dan mudah hamil ya.

5. Olahraga Terlalu Berat

Olahraga memang baik untuk kesehatan. Tapi, jika olahraga ini dilakukan terlalu berat dengan intensitas yang terlalu padat, hal ini justru akan membuat kualitas sperma tidak baik.

Penelitian menyebutkan jika olahraga yang terlalu berat bisa menyebabkan peningkatan suhu tubuh. Karena peningkatan suhu tubuh inilah, kualitas sperma bisa saja menurun dan tak sebaik sebelumnya. Para peneliti menyarankan agar olahraga dilakukan sewajarnya saja dan jangan berlebihan jika ingin kualitas sperma selalu dalam keadaan baik.

Pentingnya kualitas dari sperma menjadikan pria harus lebih memperhatikan apa yang mereka lakukan di setiap harinya. Mulai dari apa yang mereka makan, apa yang mereka kenakan, dan apa yang mereka lakukan. Semua ini demi menjaga kualitas sperma yang prima dan untuk kebahagiaan di masa depan.

Sumber: Liputan6.com [mg2]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini