6 Rahasia ilmiah untuk mencapai kehidupan seks yang lebih baik

Senin, 5 September 2016 20:00 Reporter : Indra Cahya
6 Rahasia ilmiah untuk mencapai kehidupan seks yang lebih baik Ilustrasi berhubungan seks. © huffingtonpost.com

Merdeka.com - Seks bisa jadi sebuah komponen paling krusial dalam sebuah hubungan. Berbagai riset bahkan telah membuktikan bahwa pasangan menikah yang lebih bahagia adalah yang juga bahagia dengan kehidupan seksual mereka.

Namun apa daya jadwal personal dan kesibukan bekerja bisa membuat kehidupan seks lama kelamaan makin memudar kualitasnya. Hal ini harus segera diatasi agar bahtera rumah tangga yang dibangun menjadi kurang kualitasnya hanya karena satu aspek penting yang tak terpenuhi.

Untungnya, kehidupan seks yang sehat dan baik bukanlah hal mustahil untuk diraih. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat kehidupan seksual jadi lebih baik. Berbagai hal ini pun sudah terbukti efektif dan benar oleh sains, dan semua orang tentu bisa mengaplikasikannya.

Berikut adalah rahasia untuk mencapai kehidupan seks yang lebih baik menurut sains. Yuk disimak!

1. Makin 'easy going' makin baik kehidupan seks Anda

Kepribadian berpengaruh besar terhadap berbagai aspek dalam kehidupan, termasuk seks. Sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Research in Personality, menemukan bahwa pasangan yang baru menikah dan punya kemampuan yang tinggi dalam hal saling menyetujui serta keinginan yang tinggi untuk menyenangkan satu sama lain, akan cenderung berhubungan seks lebih banyak dari pasangan lain.

Hal ini berarti jika Anda tidak egois, tertutup, keras kepala dan lebih terbuka dan 'easy going' dalam menjalani bahtera rumah tangga, kehidupan seks Anda akan lebih baik.

2. Jika istirahat Anda baik, baik pula kehidupan seks Anda

'Booster' yang paling baik untuk kehidupan seks yang lebih baik adalah istirahat. Sebuah studi kecil menemukan bahwa lebih banyak waktu tidur membuat seseorang lebih tinggi keinginannya untuk berhubungan seks. Studi ini dilakukan pada wanita usia mahasiswa.

Dalam sebuah penelitian yang dihelat sebelumnya, berbagai senyawa dan hormon yang dilepaskan tubuh ketika berhubungan seks, dapat membuat kualitas tidur yang lebih baik. Hormon seperti oxytocin dan beberapa senyawa perilis stres berkontribusi besar dalam hal ini.

3. Pasangan dengan kualitas seksual yang baik, mengatakan 'I love you' ketika berhubungan intim

Intimasi secara emosional ternyata bisa menghidupkan intimasi fisik juga, lho. Sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Sex Research, menunjukkan bahwa 75 persen dari pria dan 74 persen dari wanita yang puas dengan kehidupan seksualnya, mengaku bahwa pasangannya mengatakan 'I love you' ketika mereka berhubungan intim. Ingin mencoba?

4. Mencoba hal baru juga bisa meningkatkan kualitas hubungan seksualnya

Bersumber dari jurnal yang sama dari poin sebelumnya, peneliti menemukan bahwa mencoba hal baru di ranjang adalah salah satu aspek yang membuat responden bahagia. Hal ini merupakan aspek yang cukup mudah dilakukan namun punya dampak yang baik bagi pasangan.

5. Hobi olahraga? aspek ini ternyata penting untuk kehidupan seksual

Olahraga ternyata dapat menambah gairah dalam kehidupan seksual. Penelitian mengungkapkan bahwa aktivitas fisik secara reguler dapat meningkatkan gairah seksual, terutama jika Anda seorang pria. Seorang pria yang berolahraga lebih banyak, mempunyai fungsi ereksi yang lebih baik pula.

6. Seks yang bukan jadi 'kewajiban' justru baik bagi kehidupan seksual

Seks tentu merupakan hal yang menyenangkan. Jangan sampai hal tersebut jadi sebuah kewajiban yang harus dilakukan, dan ada kesan terpaksa. Para peneliti dari Carnegie Mellon University menemukan bahwa pasangan yang 'ditugaskan' untuk menambah kuantitas seks mereka, ternyata mengalami penurunan suasana hati. Jadi idealnya, kunci untuk mendapatkan kehidupan seks yang lebih baik adalah dengan tidak membuat 'tujuan,' dan membiarkan gairah yang berbicara. [idc]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini