Masa Berdiam Diri di Rumah, Kesempatan Orangtua Berolahraga dengan Anak

Sabtu, 16 Mei 2020 18:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Masa Berdiam Diri di Rumah, Kesempatan Orangtua Berolahraga dengan Anak ibu bermain dengan anak. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketika menghabiskan waktu di rumah selama masa pandemi COVID-19, orangtua bisa berolahraga bersama anak di rumah. Hal ini bisa bermanfaat untuk melatih kemampuan gerak motorik tubuh serta mendekatkan hubungan fisik maupun psikologis antara orangtua dan anak.

Menurut dokter spesialis kedokteran olahraga Michael Triangto, anak akan belajar untuk menirukan berbagai gerakan latihan yang dilakukan orang tuanya. Manfaat kelak di masa depan, anak bisa memulai olahraga secara serius.

"Saat pandemi COVID-19, orangtua bisa menghabiskan waktu olahraga bersama bayi dan anak. Gunakan berbagai peralatan yang ada di sekeliling ruangan, seperti dinding, lantai, sofa, ranjang, dan meja," terang Michael.

Ia mencontohkan, latihan dan gerakan yang dapat dicoba orangtua dan anak. Latihan aerobik dengan berjalan bersama dengan anak berkeliling ruangan atau berdansa bersama bayi. Untuk latihan anaerobik juga melatih kekuatan dan daya tahan otot-otot tubuh di bagian-bagian tertentu.

"Latihannya ada sit-up untuk melatih otot-otot lengan, dada dan torso. Anak berbaring dan ibu dalam posisi di atas, dengan kedua lutut dan tangan menumpu pada lantai. Crunch, melatih otot-otot perut. Posisikan tubuh di lantai, kaki ditekuk. Dan anak berada di atas perut. Anda bisa bergerak layaknya sit up, sambil memegang si kecil agar tidak jatuh," lanjut Michael.

Baca Selanjutnya: Latihan Otot Tubuh dan Bokong...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini