KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Manfaat santan bagi kesehatan

Senin, 27 Februari 2012 17:21 Reporter : Rizqi Adnamazida

Merdeka.com - Santan adalah cairan putih kental yang dihasilkan dari parutan kelapa yang diperas dengan air. Santan sering dimanfaatkan sebagai bahan masakan yang berfungsi sebagai penyedap.

Tahukah Anda manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari santan? Santan berperan dalam pembentukan sistem kekebalan tubuh, pertahanan terhadap penyakit, dan manfaat lain seperti yang dilansir oleh eHow berikut ini.

Nutrisi
Santan mengandung vitamin, mineral, elektrolit, potasium, kalsium, dan khlorida. Hanya pada satu jenis bahan makanan, Anda bisa memperoleh berbagai nutrisi di dalamnya.

Lemak jenuh
Santan mengandung lemak jenuh yang tersusun dariĀ  asam lemak rantai pendek dan asam lemak rantai sedang. Lemak-lemak tersebut cepat berubah menjadi energi daripada menumpuk di dalam tubuh. Oleh sebab itu meskipun santan mengandung lemak jenuh, Anda tetap bisa mengkonsumsinya ketika sedang diet.

Asam laurat
Setengah dari asam lemak jenuh rantai sedang terdiri atas asam laurat yang memiliki fungsi sebagai anti-virus, anti-bakteri, anti-mikroba, dan anti-jamur. Dengan kata lain, santan membantu Anda untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Susu
Santan bisa disebut sebagai pengganti susu bagi Anda yang memiliki alergi terhadap produk susu hewani. Santan juga bebas kedelai, bebas gluten, dan bebas kacang.

Meredakan sakit
Jika Anda mengalami radang tenggorokan atau sakit bisul, cobalah untuk mengkonsumsi santan. Santan dipercaya meredakan gejala penyakit tersebut.

Perawatan kulit
Selain dikonsumsi, santan ternyata baik untuk melembapkan kulit yang kering dan keriput. Selain itu, gunakan santan untuk keramas secara rutin jika ingin memiliki rambut halus dan mudah diatur. Santan juga bisa digunakan untuk mandi berendam.

Berbagai olahan dengan bahan dasar santan bisa Anda aplikasikan untuk memperoleh manfaat santan di atas. Jika Anda merasa kerepotan dan tidak punya banyak waktu untuk memeras santan, Anda bisa membeli santan instan yang cukup dicampur dengan air panas dan siap untuk digunakan. [riz]

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.