Manfaat Kesehatan bagi Tubuh dan Mental yang Bisa Kamu Peroleh dari Memancing

Rabu, 26 Juni 2019 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Manfaat Kesehatan bagi Tubuh dan Mental yang Bisa Kamu Peroleh dari Memancing Ilustrasi Memancing. ©ectour.org.za

Merdeka.com - Memancing merupakan salah satu hobi yang bisa menyenangkan hati dan menghilangkan penat. Namun bagi orang yang tak biasa dan tak sabar, memancing juga bisa jadi serasa seperti hukuman.

Hobi ini sendiri ternyata bisa meningkatkan kesehatan mental dan menimbulkan kegembiraan. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah manfaat yang bisa diperoleh dari kebiasaan memancin.

Membangun dan Membina Hubungan

Salah seorang pengguna media sosial bernama Fishbrain Heather Law mengatakan bahwa dia menemukan jodohnya usai memancing. Dia menyebut bahwa kegiatan ini sangat bagus untuk memulai hubungan percintaan dan membinanya.

Kondisi dekat dengan alam ketika memancing bisa menyediakan situasi yang menyenangkan untuk membina hubungan. Selain itu waktu menunggu yang digunakan untuk memancing bisa jadi saat berbincang lebih dalam dan mendekatkan diri.

Meningkatkan Kesehatan Mental

Diketahui bahwa memancing memiliki hubungan dengan kegembiraan serta kesehatan. Hobi ini bisa meningkatkan rasa percaya diri, mood san ingatan, serta meningkatkan kesehatan mental. Hal ini juga mampu mengurangi risiko kanker dan menjaga tekanan darah.

Meredakan Gejala PTSD

Psikolog Mark Wheeler dan Nick Cooper menyebut bahwa memancing merupakan cara efektif untuk mengobati post-traumatic stress disorder (PTSD). Hal ini diketahui usai mereka melakukan penelitian terhadap veteran perang yang hobi memancing dan menemukan bahwa gejala PTSD yang mereka miliki menurun hingga 30 persen.

Terpisah, Steward Bayford, pensiunan perang menyebut bahwa memancing membantunya membuat otak jadi santai. Dia menyebut kegiatan ini merupakan pengalih perhatian yang baik baik serta lingkungan yang sunyi bisa menghadirkan sejumlah manfaat.

Sejumlah hal tersebut bisa membuat memancing menjadi hobi yang tepat dan menyehatkan. Selain itu penelitian terdahulu juga membuktikan bahwa berhubungan dengan alam mampu menimbulkan manfaat kesehatan bagi tubuh. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini