Mandi air dingin setelah berolahraga, baik atau buruk?

Sabtu, 24 Agustus 2013 18:07 Reporter : Rizqi Adnamazida
Mandi air dingin setelah berolahraga, baik atau buruk? ilustrasi mandi . ©shutterstock/yuriaccrus

Merdeka.com - Beberapa orang mungkin menikmati mandi air dingin setelah berolahraga. Namun sebuah penelitian terbaru menyebutkan kalau kebiasaan tersebut tidak mampu mengurangi rasa pegal pada tubuh sama sekali.

Pada penelitian tersebut, sebanyak 20 pria dewasa diminta berlari selama 40 menit. Setelah itu, sebagian dari mereka berendam di dalam air es bersuhu lima derajat Celsius selama 20 menit sementara sisanya dibiarkan begitu saja.

Sebagaimana dilansir dari Huffington Post, peneliti kemudian memeriksa kondisi seluruh responden. Hasilnya, bagian paha dan kaki mereka masih merasakan pegal.

"Bukannya melarang untuk mandi air dingin setelah berolahraga, tetapi kalau tidak memberikan manfaat apapun, kenapa harus dilakukan? Buang-buang waktu bukan?" papar kepala peneliti, Naomi Crystal.

Bukan cuma itu, Crystal juga memperingatkan kalau berendam dalam air yang memiliki suhu terlalu rendah dalam jangka waktu yang lama bisa membahayakan kesehatan tubuh. Jika ingin berendam, lebih baik gunakan air hangat agar tubuh terasa lebih rileks.

Baca juga:
Jenis-jenis sakit perut dan cara mengatasinya
Kurangi kalori dengan batasi minyak saat memasak
Buah hati mengidap kanker? Lakukan hal ini
10 Keuntungan berhenti merokok bagi kesehatan
Tips hentikan kebiasaan merokok setelah makan [riz]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kebugaran
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini