Mampukah Penggunaan Masker Dobel Tangkis Omicron?

Minggu, 19 Desember 2021 20:22 Reporter : Dwi Zain Musofa
Mampukah Penggunaan Masker Dobel Tangkis Omicron? ilustrasi masker dobel. ©istockphoto

Merdeka.com - Omicron merupakan varian terbaru Covid-19 yang menyebar ke banyak negara termasuk Indonesia. Omicron yang awalnya ditemukan di Afrika Selatan ini disebut lebih mudah menular dibanding Delta. Lantas, ampuhkah penggunaan masker dobel untuk tangkis paparan Omicron?

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDCO), masker masih efektif mengurangi risiko tertular dan menyebarkan Covid-19, termasuk varian Omicron. Kombinasi dari menggunakan masker, vaksinasi dan menjauhi kerumunan dapat memperlambat penularan Omicron.

Fungsi masker ini menjadi penghalang dan menyaring partikel virus dari udara yang kita hirup, kata Dr. Schaffner seperti dikutip dari Health, Minggu (19/12).

Namun, masker sejatinya diciptakan tak spesifik untuk menghalangi virus Corona saja, sehingga masker merupakan penghalang yang tidak sempurna, yang berarti beberapa partikel virus masih bisa lolos, termasuk Covid-19 varian omicron.

"Omicron menghasilkan lebih banyak virus, bahkan daripada Delta," kata Schaffner yang mengungkapkan beberapa penelitian telah menemukan varian terbaru ini menghasilkan 70 kali jumlah virus dibandingkan Delta.

Meski begitu, bukan berarti masker tidak berguna melawan Omicron. Agar masker efektif melindungi diri dari Covid-19, pemakaian masker harus pas di sisi wajah sehingga tidak memiliki celah, memiliki kawat hidung untuk mencegah kebocoran udara dari atas, dan tidak boleh memiliki katup atau ventilasi pernapasan yang memungkinkan partikel virus keluar.

"Masker bedah dan masker kain multi-layer sesuai dengan pedoman tersebut", ungkap Schaffner.

Tameng lainnya setelah masker yang bisa melindungi diri dari paparan Omicron adalah dengan melaksanakan vaksinasi. Mendapatkan vaksin booster juga bakal mengurangi diri dari risiko paparan Omicron.

Selain itu, disiplin menerapkan protokol kesehatan lainnya seperti rajin mencuci tangan, mengurangi aktivitas di luar rumah, hingga menjauhi kerumunan juga efektif mengurangi risiko Anda terpapar Omicron.

Sumber: antaranews

[dzm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini