Makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat sedang haus

Selasa, 5 September 2017 04:14 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat sedang haus Ilustrasi mie instan. Shutterstock/Olga Nayashkova

Merdeka.com - Ketika rasa haus menyerang, maka normalnya kamu akan minum air putih untuk meredakannya. Jika air putih tak tersedia, kamu bisa mengonsumsi buah atau sayuran yang mengandung tinggi air seperti semangka, melon, atau selada yang sama-sama memberikan efek untuk meredakan rasa haus.

Nah, selain cara tersebut, ternyata ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak kamu konsumsi saat sedang haus sebab bisa memperparah rasa haus yang ada. Dilansir dari thehealthsite.com, ini dia beberapa contohnya.

1 dari 5 halaman

Kafein

Makanan yang bikin haus. thehealthsite.com

Kafein terkenal akan sifat diuretiknya. Hal ini berarti jika kamu mengonsumsinya, maka kamu akan jadi sering kencing. Apalagi jika kamu minum secara berlebihan.

Tentu saja hal tersebut tak baik bagi kamu yang sedang kehausan. Sebab kamu bisa menderita dehidrasi. Kafein sendiri bisa ditemukan di dalam kopi, teh, atau minuman kaleng lainnya.

2 dari 5 halaman

Makanan tinggi garam

Makanan yang bikin haus. thehealthsite.com

Garam atau sodium ternyata bisa makin memperparah rasa haus yang kamu rasakan. Sebab, bila kamu mengonsumsi makanan asin tersebut, maka sel-sel tubuh akan mengirimkan sinyal ke otak yang membuat ditariknya air keluar dari sel. Akibatnya, kamu jadi makin kehausan. Oleh karena itu hindari makanan tinggi garam seperti makanan kaleng, makanan cepat saji, atau makanan instan lainnya.

3 dari 5 halaman

Minuman bersoda

Makanan yang bikin haus. thehealthsite.com

Meredakan rasa haus dengan minuman bersoda dingin memang menyenangkan. Padahal kebiasaan ini justru bisa membuatmu makin terasa haus. Sebabnya, minuman ini mengandung tinggi gula dan soda yang membuat cairan tubuh ditarik.

4 dari 5 halaman

Kecap

Makanan yang bikin haus. thehealthsite.com

Konsumsi kecap atau saus lainnya yang mengandung kedelai sangat tidak disarankan ketika kamu sedang kehausan. Sebabnya makanan ini bisa menimbulkan ketidakseimbangan elektrolit yang disebut dengan hypernatremia atau kelebihan sodium dalam darah. Akibatnya kamu jadi makin terasa haus.

5 dari 5 halaman

Makanan instan

Makanan yang bikin haus. thehealthsite.com

Makanan instan terkena akan tingginya kandungan garam, MSG, atau zat pengawet lainnya. Semua zat kimia ini akan menarik cairan tubuh sehingga akan makin membuatmu kehausan.

Jadi, saat ini kamu sedang kehausan? Cobalah untuk menghindari konsumsi makanan di atas. [feb]

Baca juga:
Selain minum air, konsumsi 5 makanan ini juga bisa meredakan dahaga
Hindari serangan dehidrasi dengan banyak makan buah-buahan ini
Apakah manusia benar-benar butuh minum air 8 gelas per hari?

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini