Makan nasi putih setiap hari tingkatkan risiko diabetes

Sabtu, 17 Maret 2012 19:26 Reporter : Rizqi Adnamazida
Nasi putih, nutrisi rendah dan mampu picu penyakit diabetes

Merdeka.com - Penelitian terbaru menunjukkan bahwa konsumsi nasi putih setiap hari bisa meningkatkan risiko terserang diabetes. Penelitian yang dilakukan oleh para ahli di Harvard School of Public Health ini melibatkan setidaknya 352.000 orang dari Cina, Jepang, Amerika Serikat, Australia yang setiap harinya mengonsumsi nasi putih.

Orang-orang yang rutin mengonsumsi nasi putih setiap hari akan meningkatkan risiko sebesar satu setengah kali terjangkit diabetes. Risiko tersebut meningkat lebih besar sebanyak 10% apabila konsumsi nasi yang dihabiskan adalah 5,5 ons atau sepiring penuh setiap sajiannya.

"Aturan ini berlaku bagi warga di negara-negara Asia dan Barat, meskipun nasi putih memang terbukti meningkatkan risiko diabetes, namun orang Asia memiliki risiko yang lebih tinggi lagi," tulis salah satu peneliti di jurnal British Medical Journal, seperti yang dikutip dari CBS News (17/03).

Di Cina, orang-orang memang rata-rata mengonsumsi nasi putih empat kali dalam sehari, sementara di negara Barat konsumsi nasi putih tidak lebih dari lima kali seminggu.

Jika telah terbiasa makan nasi putih, biasanya seseorang akan cepat lapar ketika mengganti nasi dengan bubur atau makanan lain. Oleh sebab itu nasi beras merah sebaiknya mulai dilirik sebagai pengganti nasi putih. Lagipula nasi beras merah mengandung lebih banyak nutrisi yang baik bagi tubuh.

Orang-orang juga disarankan untuk mengurangi konsumsi nasi putih, bukan benar-benar meninggalkannya jika memang belum terbiasa. Meskipun sejarah keluarga merupakan sebab utama seseorang terkena diabetes, namun faktor luar seperti makanan sebaiknya juga dipertimbangkan.

Penelitian ini bukan pertama kalinya mengungkapkan tentang bahaya nasi putih yang dapat meningkatkan risiko diabetes. Tahun lalu, penelitian tentang nasi juga dikatakan mampu menyebabkan kanker karena arsenik yang terdapat pada nasi putih. [riz]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.