Lindungi Diri dari Kanker Serviks, Kapan Usia yang Tepat untuk Mendapat Vaksin HPV?

Kamis, 4 Februari 2021 09:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Lindungi Diri dari Kanker Serviks, Kapan Usia yang Tepat untuk Mendapat Vaksin HPV? Ilustrasi Kanker Serviks. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Pencegahan dan perlindungan diri dari kanker serviks dapat dilakukan melalui vaksinasi HPV (human papilloma virus), khususnya untuk tipe HPV 16-18. Cara ini merupakan pencegahan primer yang penting dilakukan untuk mengurangi risiko terkena virus HPV.

Data dari Cancer Information & Support Center (CISC) dan Rumah Sakit Kanker Dharmais (RSKD) menyebutkan kematian akibat kanker serviks akan meningkat hampir 50 persen pada tahun 2030 bila tindak pencegahan berupa vaksin tidak segera dilakukan.

Lantas pada usia berapa perempuan boleh mendapatkan vaksin HPV?

"Dari WHO menyarankan usia 9 sampai 19 tahun sudah bisa melakukan vaksin HPV," ujar dokter spesialis ginekologi onkologi RS Kanker Dharmais Jakarta, Widyorini Lestari Hutami Hanafi Sp.OG (K) Onk dalam webinar bertajuk "Lindungi Diri dan Orang Terkasih dari Kanker Serviks" beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

Widyorini menambahkan bahwa pada saat ini pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan sudah menggalakkan program vaksinasi HPV untuk remaja perempuan yang masih duduk di bangku sekolah dasar.

"Anak perempuan di kelas 5 SD sudah bisa mendapat suntikan HPV yang pertama, kemudian di kelas 6 SD akan mendapat suntikan yang kedua," jelas Widyorini.

Mengenai mitos bahwa vaksin HPV tidak boleh diberikan kepada perempuan yang sedang datang bulan, Widyorini menjelaskan bahwa hal itu tidak benar.

"Yang penting si penerima dalam keadaan sehat. Sementara untuk perempuan dewasa, suntikan vaksin HPV diberikan dengan catatan si penerima vaksin tidak boleh dalam kondisi hamil," tambah Widyorini.

Baca Selanjutnya: Pencegahan Lain Selain Vaksin...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini