Lebih Baik Mana, Menyikat Gigi Sebelum atau Sesudah Sarapan?

Jumat, 11 Juni 2021 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Lebih Baik Mana, Menyikat Gigi Sebelum atau Sesudah Sarapan? Ilustrasi sikat gigi. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Pada saat terbangun di pagi hari, kita basanya merasa bahwa bau mulut yang muncul dari mulut sangat tidak sedap. Hal ini yang menyebabkan mengapa banyak orang langsung menyikat gigi ketika bangun tidur.

Usai menyikat gigi, biasanya kamu baru bakal melakukan berbagai aktivitas setelahnya. Termasuk sarapan atau minum kopi setelahnya.

Usai makan dan minum, kamu merasa bahwa mulutmu kembali kotor dan berbau tak sedap. Hal ini membuatmu merasa bahwa upayamu untuk sikat gigi sebelum sarapan menjadi percuma dan merasa bahwa sebaiknya sikat gigi setelahnya.

Walau begitu, sebenarnya lebih baik sikat gigi sebelum atau sesudah sarapan? Menurut banyak pakar kesehatan gigi, menyikat gigi sesudah sarapan merupakan hal yang sebaiknya dilakukan.

Frank A. Scannapieco, DMD, PhD, pakar oral biologi dari University at Buffalo School of Dental Medicine menyarakan untuk menyikat gigi setelah sarapan.

"Menyikat gigi setelah sarapan bisa sangat membantu karena bisa membersihkan mulut dan menyegarkan napas, sehingga hal ini lebih masuk akal," terangnya dilansir dari Livestrong.

Tentu saja, menyikat gigi setelah sarapan ini bisa dilakukan dengan catatan tertentu. Hal yang terpenting adalah menyikat gigi terlebih dahulu sebelum tidur.

"Menurut saya, waktu terbaik untuk menyikat gigi di pagi hari adalah setelah sarapan," terang Nammy Patel, DDS, dari Green Dentistry, San Francisco.

Membiarkan partikel makanan dari sarapan tetap menempel bisa menyebabkan gula dan karbohidrat yang merupakan makanan utama bakteri menempel lebih lama. Disarankan bahwa setelah makan, segera minum air putih, tunggu beberapa menit dan kemudian segera menyikat gigi.

Baca Selanjutnya: Pilihan Makanan dan Minuman Juga...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini