Lari, kunci sehat perkuat sendi secara alami

Kamis, 20 November 2014 07:27 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ilustrasi lari. Shutterstock/l i g h t p o e t

Merdeka.com - Seberapa sering Anda berlari setiap hari atau setiap minggu? Nyatanya, walaupun olahraga ini termasuk dalam jenis olahraga yang paling mudah untuk dilakukan, namun masih sedikit orang yang melakukan olahraga setiap harinya. Padahal lari mampu membawa banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Salah satunya adalah mampu memperkuat sendi dengan cara yang alami.

Sebuah penelitian yang dilansir dari dailymail.co.uk menemukan bahwa mereka yang biasa lari dapat terhindar dari kemungkinan untuk terkena nyeri sendi atau osteoarthritis. Penelitian dari Baylor College of Medicine di Houston, Texas ini menjelaskan bahwa osteoarthritis (OA) merupakan penyakit sendi yang paling umum terjadi pada mereka yang berusia menengah hingga lanjut usia. OA merupakan kerusakan progresif pada tulang rawan sendi yang kemudian menyebabkan perubahan struktur di sekitar sendi Anda. Perubahan ini meliputi penumpukan cairan, pertumbuhan tulang berlebih, dan lemahnya otot tendon yang membuat lutut Anda sakit.

"Lari yang dilakukan secara rutin mampu berkontribusi terhadap kesehatan lutut Anda. Secara umum, pelari akan memiliki massa indeks tubuh yang rendah. Sementara jika Anda mempunyai massa tubuh yang besar maka tekanan di persendian akan semakin tinggi sehingga membuat risiko penyakit ini akan semakin tinggi," jelas Dr Grace Hsiao-Wei Lo, pemimpin penelitian ini.

Selain lari, dia pun menyarankan agar Anda melakukan aktivitas fisik secara rutin. Hal ini sendiri bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan tak hanya kesehatan sendi dan tulang s [feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini