Lagi Musim Penghujan, Ini Asupan Buah untuk Jaga Kesehatan

Senin, 28 November 2022 08:00 Reporter : Iwan Tantomi
Lagi Musim Penghujan, Ini Asupan Buah untuk Jaga Kesehatan ©Shutterstock.com

Merdeka.com - Di musim penghujan seperti sekarang ini, tubuh mudah tumbang. Apalagi kegiatan harus tetap jalan, jadi harus pintar-pintar menjaga kesehatan. Inilah pentingnya untuk selalu menjaga gaya hidup sehat, termasuk di antaranya mengatur pola makan. Bukan sekadar mengonsumi makanan yang mengenyangkan, tetapi juga harus yang bergizi seimbang.

Biasanya yang sering terlupakan adalah makan buah-buahan. Padahal, buah-buahan ini sangat kaya manfaat bagi kesehatan. Sebut saja buah kiwi, apel fuji dan alpukat mentega. Buah-buahan tersebut tak hanya enak dikonsumsi, baik itu saat jam makan utama maupun saat ngemil. Lebih dari itu, buah-buahan tersebut ternyata juga menyimpan segudang manfaat yang baik bagi kesehatan. Seperti apa?

Buah Kiwi

tokopedia baru
©Shutterstock.com

Buah kiwi memiliki bentuk seperti buah sawo, dengan kulit buah berwarna cokelat dan daging buah berwarna hijau. Bijinya hitam kecil-kecil dan bisa langsung dikonsumsi. Rasanya manis dan segar, serta memiliki banyak kandungan nutrisi, seperti asam folat, kalium, serta vitamin C, vitamin K dan vitamin E. Buah kiwi juga banyak mengandung antioksidan dan sumber serat yang baik bagi tubuh.

Adapun manfaat buah kiwi ini bermacam-macam. Misalnya, vitamin C dan vitamin E pada buah kiwi dapat merangsang pertumbuhan rambut. Kandungan enzim actinin di dalam buah kiwi juga dapat membantu melarutkan protein, sehingga dapat melancarkan proses pencernaan. Selain itu, senyawa antioksidan di dalam buah kiwi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mampu mencegah penuaan dini.

Apel Fuji

tokopedia baru
©Shutterstock.com

Adapun apel fuji termasuk jenis apel berukuran besar dengan rasa daging buah yang manis. Tekstur daging buahnya keras, segar dan berair, serta punya warna kulit merah kekuningan. Apel fuji banyak mengandung vitamin B, vitamin E dan karbohidrat yang cukup tinggi. Buah satu ini juga kaya kandungan vitamin C, flavonoid, polifenol, dan bioflavonoid di dalamnya.

Kandungan serat yang melimpah pada apel fuji dapat memberikan rasa kenyang. Inilah yang membuat apel fuji banyak dijadikan menu diet sehat. Selain itu, kandungan pektin di dalamnya dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Adapun vitamin C dan antioksidan yang terkandung di dalam apel fuji dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Alpukat Mentega

tokopedia baru
©Shutterstock.com

Alpukat mentega menjadi salah satu jenis buah alpukat yang banyak disukai masyarakat. Apukat mentega sendiri berasal dari benua Amerika. Alpukat mentega punya karakteristik daging buah yang lebih tebal dan tekstur yang begitu lembut. Alpukat mentega banyak mengandung vitamin A, vitamin K, vitamin E dan juga vitamin B. Buah satu ini juga kaya karbohidrat dan serat yang melimpah di dalamnya.

Kandungan lemak baik di dalam buah alpukat mentega dapat membantu mengontrol kolesterol di dalam tubuh. Selain itu, vitamin K di dalam alpukat mentega juga mampu meningkatkan penyerapan kalsium, sehingga dapat mendukung kesehatan tulang. Tak hanya itu, serat pada alpukat mentega juga dapat membantu pergerakan usus lebih teratur. Tak kalah penting, kandungan omega-3 dalam alpukat mentega dapat membantu mengurangi risiko depresi.

Lewat penjelasan tersebut bisa diketahui jika buah-buahan tersebut tidak hanya lezat disantap, tetapi juga menyimpan segudang nutrisi penting yang baik bagi tubuh. Dengan banyaknya kandungan nutrisi dan manfaat yang tersimpan di dalamnya, buah-buahan itu pun penting dimasukkan sebagai pelengkap menu bergizi seimbang sehari-hari.

Apalagi cara mendapatkannya kini juga mudah. Dapatkan buah kiwi, apel fuji dan alpukat mentega berkualitas secara online, seperti di Tokopedia yang Selalu Ada Selalu Bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan harian, termasuk belanja buah-buahan segar kapan saja dan di mana saja.

[tmi]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Copywriter
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini