Ladies, ini akibatnya jika turuti nafsu makan menggila saat mens

Selasa, 7 Februari 2017 20:27 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ladies, ini akibatnya jika turuti nafsu makan menggila saat mens Ilustrasi wanita makan. Shutterstock/ollyy

Merdeka.com - Sudah bukan rahasia lagi jika saat PMS atau sedang menstruasi, nafsu makan wanita akan meninggi dan menggila. Mereka menjadi doyan mengonsumsi makanan apa saja terutama makanan manis dan pedas. Tak hanya itu saja, mereka juga menjadi seorang emotional eater. Mereka menjadi suka makan untuk menenangkan emosi atau perasaan mereka. Hal ini disebabkan karena terjadinya fluktuasi hormon estrogen dan progesteron selama wanita mengalami menstruasi.

Selain meningkatkan nafsu makan, tak banyak diketahui bahwa menstruasi juga akan membuat mereka lebih memperhatikan bentuk tubuh mereka. Dilansir dari dailymail.co.uk, menstruasi mampu meningkatkan nafsu makan namun di sisi lain juga mampu membuat mereka lebih stres untuk mengendalikan nafsu makan. Dan gawatnya, hal ini bisa berujung dengan munculnya gangguan makan.

"Dalam budaya umum, kita cenderung menilai wanita yang doyan makan sebagai hal yang negatif. Hal inilah yang kemudian mendorong wanita untuk mulai mengalami gangguan makan seperti anoreksia atau bulimia," ujar Profesor Kelly Klump, dari Michigan State University. "Sehingga kami pun menyarankan agar wanita lebih mengendalikan nafsu makan mereka atau beralih untuk mengonsumsi makanan sehat. Dan mereka pun tidak akan mengalami lonjakan berat badan yang bisa membuat mereka menjadi lebih stres saat menstruasi."

"Kita semua tahu bahwa wanita menjadi lebih sensitif saat menstruasi. Termasuk pula saat mereka menghadapi pandangan orang lain. Oleh karena itu kendalikan emosi Anda dan tetap jalankan pola makan sehat saat menstruasi," pungkasnya. [feb]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini