Kurangi Menunduk saat Bermain Ponsel jadi Cara Cegah Saraf Terjepit di Leher

Rabu, 21 Juli 2021 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Kurangi Menunduk saat Bermain Ponsel jadi Cara Cegah Saraf Terjepit di Leher Ilustrasi menggunakan ponsel. Shutterstock/Kostenko Maxim

Merdeka.com - Salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita saat ini adalah ponsel. Baik untuk bekerja, berkomunikasi, atau melakukan hal lain, ponsel hampir tak lepas dari kegiatan kita sehari-hari.

Dokter bedah saraf menyarankan untuk mencegah risiko terkena saraf terjepit (Hernia Nukleus Pulposus/HNP) di area leher, masyarakat sebaiknya mengurangi penggunaan telepon seluler (ponsel) dengan posisi kepala menunduk yang terlalu lama. Pada kasus HNP servikal atau leher misalnya, mengurangi kebiasaan berada dalam postur tidak ergonomis seperti ketika menggunakan ponsel sambil menunduk, bisa menjadi salah satu cara mencegahnya.

"Kejadian HNP mungkin kita alami. Saat ini salah satu yang berbahaya saat menggunakan ponsel dengan posisi tidak ergonomis (menunduk) lama," kata dokter spesialis bedah saraf Mustaqim Prasetya dari Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Saraf (Perspebsi) dalam webinar "Solusi Terkini Saraf Terjepit Tanpa Operasi", bersama Kateter RACZ dan DiscFX", beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

HNP terjadi karena bantalan sendi pada ruas tulang belakang keluar dari lokasi seharusnya, lalu menekan struktur saraf yang berada di dekatnya sehingga menimbulkan masalah. Bagian tulang belakang yang sering mengalami gangguan ini yakni lumbal atau pinggang dan leher.

Penyebab kondisi ini terutama pada kaum muda ialah terlalu lama berada dalam posisi tidak ergonomis, mengangkat benda berat dengan cara salah dan faktor berat badan berlebihan. Sementara pada orang lanjut usia, akibat berkurangnya elastisitas atau kelenturan bantalan yang terjadi seiring bertambahnya umur. Akibatnya, efek peredam bantalan menjadi berkurang dan rentan terhadap trauma.

Baca Selanjutnya: Gejala Rasa Nyeri yang Muncul...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini