Kurangi makan nasi putih dan dapatkan 4 khasiat sehat ini

Rabu, 11 November 2015 19:12 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Kurangi makan nasi putih dan dapatkan 4 khasiat sehat ini Ilustrasi nasi putih. Shutterstock/taa22

Merdeka.com - Nasi putih adalah makanan pokok dari orang Indonesia. Mengonsumsi nasi dapat membuat Anda merasa kenyang dan lega. Bahkan ada ungkapan yang menyebutkan apabila Anda tidak makan nasi, maka Anda masih beranggapan bahwa Anda belum makan.

Sayangnya, menurut beberapa penelitian nasi mengandung gula tersembunyi di dalamnya. Sehingga mengonsumsi nasi secara berlebihan mampu menyebabkan kegemukan. Atas dasar itulah maka Anda pun berkeputusan untuk tidak makan nasi.

Sebenarnya apakah manfaat dari tidak makan nasi untuk kesehatan tubuh?

Menjaga kadar gula darah

Tidak makan nasi putih dapat menjaga tingkat gula darah Anda agar tetap normal. Sebab terlalu banyak makan nasi putih mampu menyebabkan kadar gula darah Anda melonjak. Oleh karena itu mengurangi makan nasi putih dapat mencegah Anda dari penyakit diabetes.

Mengurangi sembelit

Dibandingkan dengan nasi merah atau nasi cokelat, nasi putih memiliki kandungan serat yang paling rendah. Sehingga mengurangi atau makan nasi putih dengan jumlah yang sedikit dapat menghindarkan Anda dari sembelit.

Mengurangi nafsu makan

Tahukah Anda bahwa sebenarnya nasi putih mampu meningkatkan nafsu makan Anda? Hal ini disebabkan karena nasi putih kaya akan karbohidrat dan pati yang mampu membuat Anda selalu ingin makan terus. Oleh karena itu jika Anda tidak makan nasi putih, maka nafsu makan Anda dapat berkurang.

Mengurangi berat badan

Mengurangi makan nasi putih disarankan untuk Anda yang sedang diet. Sebab nasi putih kaya akan karbohidrat yang tidak baik untuk program diet yang sedang Anda jalankan.

Itulah beberapa efek negatif nasi putih untuk kesehatan. Oleh karena itu cobalah untuk mengonsumsi nasi merah atau nasi cokelat sebagai pengganti nasi putih yang dapat membuat tubuh Anda jadi lebih sehat. [feb]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini