Kurangi asupan garam dan gula demi sehatnya prostat

Senin, 23 November 2015 20:17 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Kurangi asupan garam dan gula demi sehatnya prostat Ilustrasi gula dan garam. Shutterstock/MamaMiaPL

Merdeka.com - Prostat adalah salah satu bagian dari reproduksi pria yang wajib dijaga kesehatannya. Sebab kelenjar kecil yang terletak di dekat kandung kemih ini bisa memberikan Anda masalah kesehatan ketika Anda semakin bertambah tua.

Untuk mencegah timbulnya masalah kesehatan yang berhubungan dengan prostat, Anda harus melakukan beberapa perubahan gaya hidup. Seperti dilansir dari healthmeup.com, inilah beberapa tips kesehatan yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan prostat Anda.

Mengonsumsi makanan sehat

Makanan yang Anda konsumsi memberikan peranan penting untuk kesehatan prostat Anda. Coba sertakan banyak buah dan sayur ke dalam menu makanan Anda terutama yang mengandung lycopene, sebab zat ini adalah zat anti kanker. Hindari pula terlalu banyak mengonsumsi daging merah yang berlemak dan ganti dengan konsumsi daging ikan.

Olahraga teratur

Selain untuk menjaga kebugaran tubuh, olahraga teratur terutama senam kegel juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan prostat pria. Sebab senam kegel mampu mengencangkan otot-otot di sekitar anus Anda.

Hindari alkohol dan merokok

Alkohol dan rokok bisa memberikan banyak efek merugikan pada kesehatan prostat Anda sebab bisa menempatkan Anda pada risiko tinggi untuk terkena kanker prostat.

Kurangi asupan gula dan garam

Asupan gula dan garam berlebih secara tidak Anda sadari bisa membahayakan kesehatan prostat Anda. Sehingga hindari mengonsumsi makanan kemasan yang tinggi akan kandungan zat tersebut.

Kunjungi dokter

Jika Anda menemukan masalah kesehatan yang berhubungan dengan prostat Anda, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan kesehatan yang memadai. Terutama jika Anda memiliki riwayat keluarga yang bermasalah dengan prostat.

Itulah beberapa tips kesehatan yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan prostat. Semoga bermanfaat! [feb]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini