Kurang Zat Besi Bisa Timbulkan Tanda pada Mulut Seseorang

Selasa, 3 Desember 2019 11:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Kurang Zat Besi Bisa Timbulkan Tanda pada Mulut Seseorang Ilustrasi mulut. Shutterstock/Robert Kneschke

Merdeka.com - Seseorang bisa mengalami kekurangan zat besi karena rendahnya tingkat mineral di dalam tubuh. Hal ini berhubungan dengan pola makan yang buruk, menstruasi yang berat, atau masalah kesehatan yang lebih serius seperti pendarahan di perut dan organ dalam.

Tubuh membutuhkan zat besi untuk bisa mengalirkan sel darah merah dengan tepat. Hal ini membantu memproduksi hemoglobin, protein di dalam darah yang mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

Kurangnya zat besi dalam tubuh bisa berujung pada sedikitnya jumlah hemoglobin. Menurunnya protein bisa menurunkan aliran oksigen ke dalam jaringan dan otot sehingga menyebabkan anemia.

Dilansir dari Medical Daily, anemia bukan merupakan kondisi yang disebabkan oleh kekurangan zat besi. Jika kondisi ini tidak ditangani, maka bisa berujung meningkatkan risiko infeksi dan komplikasi pada jantung, paru-paru, dan kehamilan.

Sangat penting untuk mendeteksi kondisi kekurangan zat besi ini seawal mungkin. Mengetahuinya ketika berada di tahap awal bisa mencegah masalah keseahatn dan memberi akses pada pilihan penanganan yang tepat.

Salah satu cara untuk menentukan kurangnya zat besi ini adalah dengan melihat perubahan yang terjadi di sekitar mulut. Peneliti telah mengidentifikasi empat tanda pada lidah dan tiga di bagian luar mulut.

1 dari 2 halaman
Perubahan Terjadi Karena Rendahnya Hemoglobin

Seseorang yang kekurangan zat besi mungkin mengalami bengkak, luka, dan kondisi memucat pada lidah. Pada beberapa kasus, lidah bahkan bisa berubah jadi terasa lembut.

Perubahan ini terjadi karena rendahnya hemoglobin dan myoglobin pada darah karena rendahnya asupan zat besi. Selain pada lidah, area di sekitar mulut juga bisa memunculkan tanda jika kamu kekurangan zat besi.

Terdapat beberapa kondisi yang bisa terjadi pada mulut karena masalah ini. Beberapa hal yang bisa terjadi adalah mulut kering, pecah pada bagian ujung, serta terjadi sariawan.

2 dari 2 halaman
Cara Mengatasi dan Mencegah Kekurangan Zat Besi

Untuk memenuhi kebutuhan asupan zat besi, pakar menyarankan mengonsumsi makanan kaya mineral. Beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi adalah daging-dagingan, sayuran hijau, polong-polingan, sereal, serta roti.

Selain itu, seseorang yang tengah kekurangan zat besi disarankan untuk mengonsumsi obat. Hal ini bakal semakin optimal ketka disertai dengan mengombinasikannya dengan makanan tertentu. [RWP]

Baca juga:
Jangan Salah! Pahami Dulu Sejumlah Hal Terkait HIV/AIDS Ini
Benarkah Minum Jeruk Nipis Bisa Buat Wanita Lebih Cepat Hamil?
Begini Tips Sehat yang Harus Dilakukan orangtua untuk Memberi Wewangian pada Anak

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini