Kurang vitamin D turunkan kemampuan fisik di usia tua

Minggu, 21 Juli 2013 08:08 Reporter : Kun Sila Ananda
Kurang vitamin D turunkan kemampuan fisik di usia tua Ilustrasi suplemen vitamin dan kalsium. ©Shutterstock.com/Chezlov

Merdeka.com - Tak mengonsumsi cukup vitamin D bisa menyebabkan masalah kesehatan di usia tua. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa manula yang kekurangan vitamin D mengalami masalah fungsi fisik seperti kesulitan berjalan di sekitar rumah dibanding orang yang mengonsumsi cukup vitamin D.

"Manula yang memiliki tingkat vitamin D rendah mengalami masalah fungsi tubuh seperti susah bergerak. Mereka akan mengalami penurunan fungsi tubuh dengan bertambahnya usia," ungkap ketua peneliti Evelien Sohl dari VU University Medical Center di Amsterdam, seperti dilansir oleh NBC News (17/07).

Peneliti mengungkap bahwa sekitar 90 persen manula kurang vitamin D. Padahal vitamin D membantu menjaga kesehatan otot dan tulang serta mencegah pengeroposan tulang seperti osteoporosis. Vitamin D bisa didapatkan dari sinar matahari atau makanan seperti minyak ikan, jamur, telur, susu.

Hasil ini ditemukan peneliti setelah mengamati 762 orang berusia 65 sampai 88 tahun serta 597 orang berusia 55 sampai 65 tahun. Mereka diamati selama enam tahun dan ditanyai mengenai aktivitas serta tingkat vitamin D dalam darah.

Peneliti menemukan bahwa pada kelompok manula pertama, rendahnya tingkat vitamin D menyebabkan peningkatan risiko masalah fisik sebanyak 1,7 kali lipat sementara pada kelompok yang lebih muda dua kali lipat. Peneliti juga menemukan bahwa masalah mulai muncul setelah tiga tahun pada kelompok tertua dan enam tahun pada kelompok muda. [kun]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Vitamin D
  3. Penelitian
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini