Kurang tidur picu pertumbuhan polip usus besar

Sabtu, 7 Juli 2012 14:16 Reporter : Destriyana
Kurang tidur picu pertumbuhan polip usus besar Polip usus besar. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Polip kolon atau rektum cenderung tumbuh pada orang yang tidur kurang dari enam jam sehari, menurut studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Cancer. Dalam penelitian tersebut, 1.240 pria dan wanita menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan kebiasaan tidur mereka sebelum menjalani kolonoskopi dan sejumlah tes lain. Ini merupakan studi yang pertama menunjukkan hubungan antara tidur dan polip kolorektal atau usus besar.

Kenapa begadang bikin orang rentan polip kolon? Pertumbuhan polip pada orang kurang tidur disebabkan obesitas dan resistensi insulin. Idealnya, orang tidur 7 atau 8 jam sehari. Ketika kita tidur, tubuh akan mengeluarkan hormon tidur melatonin yang menghambat pertumbuhan tumor. Nah, sering begadang membuat hormon itu tidak bekerja.

Peneliti menunjukkan bahwa sepuluh persen peserta tes memiliki polip kanker. National Cancer Institute memperkirakan bahwa lebih dari 140.000 orang akan didiagnosis dengan kanker usus besar tahun ini di Amerika, dengan kemungkinan 51.000 orang meninggal akibat penyakit tersebut.

Polip kolon bisa tumbuh menjadi pemicu kanker usus besar. Jenis kanker ini juga sangat mematikan lho. Jadi, jangan suka begadang kawan! Kini Anda bisa memulai kebiasaan tidur sehat 7 atau 8 jam sehari. [des]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini