Kurang Gerak dan Pakaian Tak Tepat Bisa Jadi Penyebab Kanker pada Masyarakat

Kamis, 25 Februari 2021 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Kurang Gerak dan Pakaian Tak Tepat Bisa Jadi Penyebab Kanker pada Masyarakat Ilustrasi menonton tv dengan camilan. ©shutterstock.com/Velychko

Merdeka.com - Kanker merupakan salah satu penyakit yang jumlahnya semakin mengganas di abad ke-21 ini. Hal ini tidak lain disebabkan karena gaya hidup yang dimiliki masyarakat.

Gaya hidup tak sehat yang mencakup kurang berolahraga, tidak menjaga berat badan sehat dan mengonsumsi makanan tak sehat berkontribusi pada 35 persen risiko Anda terkena kanker. Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia (YKI), Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo mengatakan, apabila Anda perokok dan masih melanggengkan kebiasaan tersebut maka peluang Anda terkena salah satu penyakit mematikan itu bertambah 30 persen.

Tubuh biasanya akan mengeyahkan sel-sel yang tumbuh tidak normal. Namun, saat kondisi di luar tubuh akibat gaya hidup tak sehat termasuk kebiasaan merokok, kurang bergerak dan konsumsi makanan mengandung bahan pembentuk kanker terlampau kuat, maka sel tak normal terus tumbuh dan menjadi benjolan atau disebut tumor.

"Sel (tidak normal) ini mempunyai kemampuan untuk tumbuh sembarangan, cepat, mengganggu sel sekitarnya. Lalu muncul ke permukaan dan disebut tumor atau kumpulan sel yang tumbuh tidak teratur. Ada tumor jinak dan ganas," ujarnya beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

Aru kembali menegaskan, faktor risiko kanker sebesar 90 persen berasal dari lingkungan, sementara sisanya berasal dari gen yang rusak dengan presentase 5-10 persen. Ini artinya, sebagian besar sel kerusakan pada sel sesudah seseorang lahir alias akibat lingkungan atau gaya hidupnya.

Pada kasus kanker nasofaring misalnya, salah satu pencetusnya konsumsi makanan mengandung bahan karsinogen seperti ikan asin yang diolah tak benar sehingga mengandung zat nitrosamin. Zat ini sama seperti yang ditemukan pada sosis ini tergolong karsinogen atau bahan yang melahirkan kanker. Tak hanya pemilihan makanan, cara berpakaian khususnya bra juga menjadi perhatian.

Baca Selanjutnya: Bra Berkawat Bisa Sebabkan Kanker...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kanker
  3. Fakta Kesehatan
  4. Penyebab Kanker
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini