Kurang Gerak Bisa Jadi Faktor yang Memicu Munculnya Kanker Kolorektal

Senin, 1 Februari 2021 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Kurang Gerak Bisa Jadi Faktor yang Memicu Munculnya Kanker Kolorektal Ilustrasi kanker. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Rashevskyi Viacheslav

Merdeka.com - Cuaca hujan yang terjadi beberapa waktu belakangan serta kondisi pandemi COVID-19 membuat kita menghabiskan banyak waktu di rumah. Hal ini cenderung membuat kita jadi berdiam diri dan kurang gerak atau biasa disebut mager (males gerak).

Konsultan Hematologi Onkologi Medik FKUI-RSCM, Dr. dr. Ikhwan Rinaldi mengatakan, munculnya kanker kolorektal (KKR) di usia muda dipicu berbagai kebiasaan buruk, salah satunya kebiasaan mager ini.

"(Perjalanan) kanker membutuhkan waktu puluhan tahun. Di Indonesia ada kasus di usia muda, mungkin dari lifestyle. Aktivitas fisik rendah bisa memunculkan risiko (kanker kolorektal) meskipun kontribusinya tidak banyak," ujar dia dalam virtual media briefing "Bagaimana Personalised Medicine dalam Kanker Kolorektal," beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

Para pakar kesehatan merekomendasikan Anda berolahraga ringan selama 30 menit hampir setiap hari dalam seminggu. Hal ini bermanfaat untuk membantu kesehatan secara umum termasuk menurunkan risiko Anda terkena berbagai tipe kanker seperti KKR.

Kebiasaan buruk lain yang menempatkan Anda pada risiko terkena KKR yakni konsumsi daging merah yang diolah berlebihan, kurang asupan makanan berserat semisal sayuran dan buah-buahan, menyantap makanan berpengawet terus menerus lalu merokok, memiliki berat badan berlebihan juga bisa menjadi faktor yang berkontribusi pada munculnya kanker kolorektal.

"Konsumsi daging merah berlebihan yang dibakar atau diolah dengan suhu tinggi, yang dimakan bisa bukan lagi daging tetapi sudah ada yang bersifat karsinogenik," kata Ikhwan.

Baca Selanjutnya: Faktor Penyebab Kanker Kolorektal...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Fakta Kesehatan
  3. Kanker
  4. Penyebab Kanker
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini