KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Kuning telur sama tidak sehatnya dengan rokok?

Selasa, 14 Agustus 2012 21:29 Reporter : Rizqi Adnamazida
Ilustrasi telur. ©shutterstock.com/Kristina Postnikova

Merdeka.com - Telur adalah salah satu sumber makanan berprotein tinggi. Namun ternyata para peneliti dari Western University, London, memiliki pendapat yang berbeda. Mereka mengungkapkan, bagian kuning telur sama bahayanya dengan rokok. Sebab kedua hal tersebut sama-sama bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke buat Anda.

"Jika Anda berisiko terkena penyakit jantung dan stroke, jangan makan kuning telur," tutur Dr David Spence, salah satu peneliti, seperti yang dikutip dari Toronto Sun (14/08).

Para peneliti tersebut menganalisis 1.231 pasien dengan menggunakan USG. Mereka memeriksa penyumbatan yang ada di dinding pembuluh darah arteri. Sebab kebanyakan penyakit jantung dan stroke disebabkan karena penyumbatan itu.

Pasien kemudian diminta untuk mengisi kuesioner tentang gaya hidup dan obat-obatan yang dikonsumsi. Termasuk juga asupan kuning telur dan rokok yang dihisap.

Hasilnya, peneliti menemukan orang yang memakan tiga atau lebih kuning telur dalam seminggu berisiko besar mengalami penyumbatan dalam pembuluh darah. Peneliti pun melaporkan penemuan tersebut dalam jurnal Atherosclerosis.

Sementara itu, Karen Harvey yang merupakan ahli diet dari Kanada tidak terlalu setuju dengan hasil penelitian ini.

"Rokok memang jelas membahayakan kesehatan. Namun menyamakan efeknya dengan kuning telur sepertinya berlebihan. Lagipula sudah banyak studi yang menyebutkan tidak ada hubungan antara konsumsi telur dengan risiko penyakit jantung," begitu katanya.

Namun Spence sekali lagi menegaskan, asupan harian kuning telur orang yang berisiko terkena penyakit jantung memang sebaiknya dibatasi. Kadar kolesterol yang bisa dikonsumsi pun berkisar 200 mg saja per hari. Sehingga kuning telur harus dihindari, karena setiap butirnya mengandung 237 mg kolesterol. [riz]

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.