Konsumsi sebutir minyak ikan per hari untuk cegah pikun

Selasa, 13 Januari 2015 11:49 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Konsumsi sebutir minyak ikan per hari untuk cegah pikun Ilustrasi minyak ikan. Shutterstock/successo images

Merdeka.com - Sudah menjadi rahasia umum bahwa orang berusia lanjut seringkali pikun atau mengalami penurunan dalam kemampuan mengingat. Hal ini disebabkan karena semakin tua usia seseorang, maka sel-sel otak mereka menjadi usang dan tidak mampu lagi mengingat sesuatu dengan baik.

Sebenarnya hal tersebut bisa dicegah sejak usia muda. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat seperti minyak ikan.

Bukan tanpa alasan para peneliti menyarankan para orang tua dan mereka yang masih berusia muda untuk mengonsumsi minyak ikan. Para ahli kesehatan percaya bahwa minyak ikan kaya akan asam lemak omega 3 yang memiliki manfaat penting untuk menyembuhkan masalah kesehatan yang berhubungan dengan memori, terutama yang disebabkan karena stres mental atau penurunan fisik. Minyak ikan juga mampu memperlambat atau mencegah penurunan mental yang sering ditemukan di dalam otak penderita Alzheimer.

"Tubuh manusia tidak bisa memproduksi asam lemak omega 3 sendiri. Oleh karena itu asupan nutrisi ini hanya bisa didapatkan dari luar tubuh," ujar Dr Carrie Ruxton, seorang peneliti independen di Inggris. "Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak ikan mendukung perbaikan kinerja memori verbal yang lebih baik serta menunda timbulnya penurunan fungsi kognitif. Sehingga menjadikan minyak ikan sebagai makanan terbaik untuk mencegah pikun di usia tua." [feb]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini