Konsumsi obat antibiotik ini bisa bikin keguguran di awal kehamilan

Selasa, 2 Mei 2017 15:47 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Konsumsi obat antibiotik ini bisa bikin keguguran di awal kehamilan ilustrasi obat. © wired.com

Merdeka.com - Ketika kehamilan datang, wanita pun begitu berhati-hati dalam menjaganya. Wanita pasti akan memperhatikan makanan, minuman, dan obat-obatan yang mereka konsumsi. Begitu pula jika suatu saat serangan bakteri berupa penyakit ISK atau infeksi saluran kemih datang.

Untuk mengobati ISK, umumnya wanita memilih untuk mengonsumsi obat antibiotik.

"Dalam mengonsumsi obat antibiotik, wanita hamil haruslah berhati-hati. Karena menurut penelitian yang dilakukan di University of Montreal, Quebec menemukan bahwa da beberapa obat antibiotik yang bisa meningkatkan risiko keguguran pada awal kehamilan," ungkap penelitian yang dilansir dari medicaldaily.com.

Penelitian yang dipublikasikan di Canadian Medical Association Journal menemukan 5 jenis antibiotik seperti makrooksida, kuinolon, tetrasiklin, sulfonamida dan metronidazol akan menimbulkan risiko keguguran di awal kehamilan, terutama usia kehamilan di bawah 14 minggu.

"Selain dikaitkan dengan risiko kelahiran prematur atau berat lahir rendah, penelitian kami juga menunjukkan bahwa konsumsi obat antibiotik bisa meningkatkan risiko keguguran hingga 60%," ujar Anick Berard, penulis penelitian ini.

"Meski begitu, tak semua obat antibiotik membahayakan. Sebagai contoh, penisilin termasuk ampisilin, amoksisilin, dan Augmentin cukup aman dikonsumsi sebagai obat ISK bagi wanita hamil," lanjutnya.

"Penting bagi ibu hamil untuk memperhatikan obat-obatan yang mereka konsumsi. Termasuk dengan antibiotik. Oleh karena itu berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu sebelum meminum obat apapun, terutama jika kamu sedang hamil." [feb]

Baca juga:

8 Hal sederhana yang bisa menghambat terjadinya kehamilan, apa saja?

Ladies, ini usia paling ideal untuk hamil

6 Jenis olahraga ini aman untuk dilakukan para ibu hamil

Keren, kini jenis kelamin bayi bisa dideteksi dengan tekanan darah!

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini