Konsumsi nasi dan makanan lain di jam ini agar tubuh tak jadi gemuk

Senin, 8 Januari 2018 15:32 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ilustrasi nasi. boldsky.com

Merdeka.com - Dalam usaha penurunan berat badan, diet memainkan peranan vital untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Tak hanya fokus pada pilihan makanan dan jumlahnya saja, waktu untuk mengonsumsi suatu makanan juga penting. Waktu yang tepat untuk konsumsi makanan ini diperlukan agar proses mencerna jadi maksimal. Karena makanan yang tidak dicerna dengan baik, bisa meninggalkan sisa yang membuat berat badan naik dan munculnya penyakit berbahaya lain.

Dilansir dari boldsky.com, inilah beberapa jenis makanan dan waktu yang tepat untuk mengonsumsinya agar tubuhmu tak menggemuk

Nasi
Nasi adalah makanan pokok orang Indonesia. Bisa dibilang bahwa orang Indonesia belum kenyang jika belum makan nasi. Hal ini disebabkan karena nasi tinggi karbohidrat. Selain mengurangi jumlahnya, konsumsilah nasi untuk makan siang saja. Di malam hari, coret nasi dari menu makan malammu.

Sayur
Sayur, dikonsumsi dalam jumlah sebanyak apapun tak akan membuat tubuh jadi gemuk. Malahan, nutrisi di dalamnya penting untuk mendukung kesehatan tubuh. Perbanyak makan sayur di siang dan malam hari. Hindari makan sayur sebagai menu sarapan.

Teh atau kopi
Lebih baik minum kopi dan teh setelah sarapan dan di sore hari. Hindari minum teh, terutama teh hijau saat perutmu sedang kosong sebab bisa mempengaruhi kesehatan levermu.

Yogurt
Kandungan bakteri probiotik dalam yogurt penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Namun, jangan mengonsumsi yogurt ketika perutmu sedang kosong sebab bisa menyebabkan sakit perut.

Ikan
Ikan tinggi vitamin dan asam lemak omega 3 yang bisa memuaskan rasa laparmu dan mencegahmu untuk makan terlalu banyak. Sebaiknya, makan ikan untuk menu makan siang dan makan malam dengan dibarengi sayuran.

Ayam
Merebus ayam dengan sedikit garam, lada, dan minyak zaitun sangatlah cocok sebagai menu makan siang atau makan malam. Kandungan lemak tak jenuh di dalamnya bermanfaat untuk kesehatan tubuhmu. Sedangkan tingginya protein mampu menginduksi sistem tubuh. [feb] SELANJUTNYA

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini