Konsumsi Makanan Tinggi Lemak Bisa Buat Seseorang Jadi 'Lemot'

Rabu, 20 Mei 2020 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Konsumsi Makanan Tinggi Lemak Bisa Buat Seseorang Jadi 'Lemot' Makanan berlemak. ©shutterstock.com

Merdeka.com - Bagi banyak orang, makanan berlemak bisa jadi makanan favorit atau juga comfort food yang menenangkan mereka. Namun rupanya dampak dari makanan ini jauh lebih banyak dari yang selama ini diketahui.

Sebuah penelitian terbaru mengungkap dampak buruk yang bisa ditimbulkan makanan tinggi lemak ini pada otak. Dilansir dari Medical Xpress, diketahui bahwa konsumsi satu makanan tinggi lemak jenuh bisa merusak kemampuan kita berkonsentrasi. Hal ini tentu menyebabkan kita sulit fokus dan kesulitan berpikir lebih lanjut.

Penelitian ini dilaukan dengan membandingkan bagaimana 51 wanita menjawab tes terkait perhatian mereka setelah mengonsumsi makanan tinggi lemak. Selain itu dilihat juga hasilnya setelah mereka mengonsumsi makanan menggunakan lemak tak jenuh dalam bentuk minyak bunga matahari.

1 dari 2 halaman

Diketahui bahwa performa mereka dalam tes memburuk setelah mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh. Hal ini diketahui ketika dibandingkan setelah mereka mengonsumsi lemak yang lebih sehat. Temuan ini tentu menunjukkan hubungan antara makanan berlemak dengan otak seseorang.

"Sebagian penelitian mencoba melihat hubungan sebab-akibat dari makanan selama periode tertentu. Pada satu jenis makanan ini, sangat menabjubkan bahwa kita menemukan perbedaan," terang Annelise Madison, peneliti dari Ohio State University.

2 dari 2 halaman

Madison juga menjelaskan bahwa makanan yang dibuat dengan minyak bunga matahari selain rendah lemak jenuh namun juga mengandung lemak sehat.

"Pasalnya kedua makanan tinggi lemak dan berpotensi menimbulkan masalah, efek kognitif dari makanan tinggi lemak jenuh bisa lebih berbeda ketika dibandingkan dengan makanan rendah lemah," terang Madison. [RWP]

Baca juga:
Alami Migrain, Gerakan Yoga Bisa Membantu Mengatasinya
Tingkat Pendidikan Seseorang Diketahui Memiliki Pengaruh pada Asupan Nutrisi
Konsumsi Daging Merah Bisa Berdampak Positif bagi Kesehatan Mental
Jenis Makanan yang Dikonsumsi Seseorang Bisa Tentukan Risiko Demensia
Menurut Penelitian, Begini Cara Membuat Kopi Menjadi Lebih Menyehatkan
Olahraga ketika Kehamilan Bisa Buat Bayi yang Dilahirkan jadi Lebih Bugar

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini